Billboard Indonesia Akhirnya Rilis Tangga Lagu Top 100

Rabu, 25 September 2019 – 20:02 WIB
Peluncuran Billboard Indonesia Top 100 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Billboard Indonesia Top 100 akhirnya dirilis. Program ini berisikan daftar lagu-lagu terkini paling populer setiap minggu dari penyanyi dan musisi Indonesia. Semua lintasan genre masuk ke dalamnya.

Daftar lagu diperingkat dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor. Posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan oleh beragam data, mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

BACA JUGA: Billboard Indonesia Segera Rilis 100 Tangga Lagu

Aldo Sianturi, Chief Operating Officer Billboard Indonesia berharap dengan kehadiran Billboard Indonesia Top 100 akan membuat musik Indonesia makin berjaya dan sehat secara ekosistem.

"Musik Indonesia sangat beragam dan maju dengan banyak genre yang tiap hari rilis, kualitas musik yang dihasilkan musisi Indonesia juga luar biasa. Semoga kehadiran Billboard Indonesia Top 100 memberikan nilai ekonomi bagi industrinya," kata Aldo Sianturi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9).

BACA JUGA: Lagu Terbaru Beyonce Langsung Tembus Billboard Hot 100

Lagu-lagu dari semua genre yang akan masuk dalam Billboard Indonesia Top 100 punya ketentuan. Karya harus berisi komposisi lagu berupa lirik dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa asing. "Pokoknya ada bahasa Indonesia bisa masuk," ujar Aldo Sianturi.

Gumilang Ramadhan, ketua umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan Billboard Indonesia. Menurutnya sudah lama Indonesia tidak punya daftar tangga lagu sebagai pedoman untuk pelaku industri musik tanah air.

BACA JUGA: Dari TikTok, Old Town Road ke Puncak Hot 100 Billboard

"Bahagia sekali bisa kerjasama dengan Billboard Indonesia untuk meluncurkan tangga lagu yang kredibel dan valid ini. Selamat dan hidup musik Indonesia," ucapnya.

Kehadiran Billboard Indonesia Top 100 disambut baik oleh musisi dan juga penyanyi. Seperti, Rian D'MASIV serta Nagita Slavina yang aktif sebagai penyanyi dan produser RANS Music.

"Patokan lagu populer ya tangga lagu. Ketika lagu yang disuka masuk daftar, pasti senang banget. Penyemangat juga buat musisi," beber Rian D'MASIV

"Senang banget, aku penikmat musik. Suka dengerin dan lihat tangga lagu. Pasti akan bagus sekali dikumpulkan jadi satu di Billboard Top 100," imbuh Nagita Slavina.

Billboard Indonesia Top 100 akan dirilis setiap pekan. Penikmat musik bisa mengakses lewat laman resmi Billboard Indonesia. (mg3/jpnn)


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler