Binda DIY Gencarkan Vaksinasi Dosis Ketiga Selama Libur Lebaran

Selasa, 10 Mei 2022 – 19:46 WIB
Kegiatan vaksinasi yang digelar Binda DIY selama masa libur lebaran. Dok Binda DIY.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Binda Daerah Istimewa Yogyakarta (Binda DIY) terus menggencarkan vaksinasi di sejumlah titik pada masa libur Lebaran.

Kabinda DIY Brigjen Andry Wibowo mengatakan vaksinasi digelar di titik yang ramai pengunjung di Kota Sleman dan Yogyakarta.

BACA JUGA: Binda Gorontalo Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Sebelum Libur Panjang

Menurut dia, kegiatan vaksinasi yang dibuka sejak pagi hingga siang ini merupakan hasil kerja sama mereka dengan Polda DIY, dinas kesehatan serta pemerintah daerah setempat.

“Kegiatan ini awalnya digelar hanya sampai 8 Mei, namun diperpanjang mengingat arus balik para pemudik ternyata mundur,” kata dia dalam siaran persnya, Selasa (10/5).

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Omicron, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi Anak

Selain menyasar wisatawan yang masih terlihat di objek-objek wisata, vaksinasi juga menyasar masyarakat setempat. Pasalnya, masih ada masyarakat yang belum melengkapi vaksin dosis ketiga atau booster.

“Vaksinasi hingga dosis booster sangat penting, karena untuk membangun imunitas di tengah adanya mutasi virus,” ujar Andry. 

BACA JUGA: Binda Aceh Suntikkan 8.444 Dosis Vaksin dalam Sehari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan capaian vaksinasi di wilayahnya Yogyakarta sudah cukup tinggi bahkan untuk dosis satu dan dua sudah mencapai sekitar 200 persen dari target.

“Sedangkan untuk vaksinasi dosis penguat atau booster mencapai sekitar 76 persen,” ujar dia.

Emma menuturkan untuk jenis vaksinasi disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Selain di lokasi yang ramai pengunjung, layanan vaksinasi dosis penguat atau booster juga dibuka di puskesmas-puskesmas Kota Yogyakarta.

“Selama libur Lebaran kemarin kami juga tetap melayani di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas secara bergantian,” kata dia. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Binda Babel Siapkan 75.000 Dosis Vaksin Covid-19 Selama Ramadan


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler