Bintang Timur Bersinar Lagi

Senin, 04 Oktober 2010 – 19:00 WIB

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, memperkirakan bahwa Timur Pradopo akan diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon Kapolri ke DPRMenurut Neta, bakal naiknya Timur sebagai calon Kapolri tak terlepas dari faktor kedekatannya dengan SBY.

Neta sudah menebak sebelumnya bahwa Timur akan menduduki kursi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri menggantikan Komjen (Pol) Iman Haryatna yang memasuki masa pensiun

BACA JUGA: Ketua DPR: Silakan Komisi V Bentuk Panja KAI

Sebab, posisi Kabaharkam dengan tiga bintang di pundak itu akan menjadi batu loncatan menuju kursi tertinggi di Polri
"Bintang Timur bersinar lagi

BACA JUGA: Jadi Komjen, Timur Pradopo Kaget

Ini sudah lama kita duga dan sebenarnya bukan hal yang mengagetkan," ujar Neta kepada JPNN, Senin (4/10) petang.

Lebih lanjut Neta menguraikan, ada beberapa indikator sehingga calon Kapolri yang akan diusulkan adalah Timur Pradopo
Neta mengungkapkan, pagi tadi Kapolri Bambang Hendarso Danuri buru-buru meninggalkan rapat kabinet di Istana.

"Ini sepertinya untuk menyiapkan TR (Telegram Rahasia) Kapolri tentang naiknya Timur menjadi Komjen

BACA JUGA: Kapolri Siap Sodorkan Nama Baru

Kapolri sepertinya diminta segera menaikkan Timur dan melantiknya sehingga langsung aktif menjadi bintang tiga," ulas Neta.

Indikator lain, sebut Neta, baru pertama kali dalam sejarah Polri ada TR mutasi langusng disambung dengan TR perintah pelantikan"Ini pertama kalinya dalam sejarahKapolri mengeluarkan TR pengangkatan dan disusul TR pelantikan di hari yang samaArtinya, Timur bisa langsung diusulkan sebagai calon Kapolri meski baru beberapa jam menyandang bintang tiga," ulas Neta.

Indikator lain bakal naiknya Timur adalah faktor kedekatan dengan Istana"SBY dan Timur pernah sama-sama di BosniaAda kedekatan personal yang tak bisa dipungkiri," tandasnya.

Apakah naiknya Timur itu untuk mencegah semakin tajamnya friksi di internal Polri? Neta justru menampik anggapan itu"Timur itu sudah lama disiapkan," sambungnya.

Terpisah, Timur Pradopo yang ditemui usai dilantik sebagai Kabaharkam Polri menyatakan, dirinya sebagai anggota Bhayangkara siap ditugaskan di manapunMeski demikian Timur mengaku akan fokus pada tugas barunya.

"Kita laksanakan tugas yang sudah ada diberikan pada kitaKita kan nggak tahu tugas besokSaya fokus pada tugas sebagai Kabaharkam," imbuhnya.(zul/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tambah Bintang, Timur Kaget


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler