Bisikan Bukti Kedekatan Jokowi dengan Ganjar, Relasinya Tidak Setipis Kulit Bawang

Minggu, 01 Oktober 2023 – 19:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo berbincang-bincang pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9). Foto: Instagram/ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Program Studi Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menganalisis pengakuan Presiden Joko Widodo tentang ‘bisik-bisik’ tokoh yang kondang dengan panggilan Jokowi itu kepada Ganjar Pranowo.

Menurut Emrus, bisik-bisik tersebut mencerminkan kedekatan antara Jokowi dengan bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

BACA JUGA: Jokowi Berbisik kepada Ganjar: Setelah Dilantik jadi Presiden, Langsung...

"Dari perspektif komunikasi, tidak mungkin seseorang membisikkan sesuatu kepada orang lain kalau tidak dekat. Artinya, relasi mereka sangat dekat,” ujar Emrus seperti diberitakan LKBN Antara.

Presiden Jokowi saat berpidato pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9) mengaku membisikkan sesuatu kepada Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Ganjar Ungkap Isi Bisikan Jokowi di Rakernas PDIP, Pesannya Sangat Penting

Presiden Ketujuh RI itu meminta Ganjar jika kelak dilantik menjadi penggantinya langsung bergerak mewujudkan ketahanan pangan.

Lebih lanjut Emrus menjelaskan makna ‘bisik-bisik’ menurut sosiologi dan psikologi.

BACA JUGA: Siti Atikoh & Iriana Berbisik-bisik di Belakang Jokowi, Ini Kata Ganjar

“Pesan komunikasi dari berbisik itu keduanya saling mendukung, memberikan penghargaan, dan penghormatan," tutur Emrus.

Pengasuh Emrus’s Corner itu juga mengulas bahasa verbal yang dipakai Presiden Jokowi ketika membisiki Ganjar dengan pesan tentang pentingnya kedaulatan pangan segera diwujudkan.

Emrus menyebut Jokowi tidak sekadar menyampaikan pesan verbal tentang kedaulatan pangan, tetapi juga menyodorkan strategi dan waktu pelaksanaannya.

"Boleh dong, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dia mengampanyekan terkait kedaulatan pangan atas masukan atau bisikan dari Presiden Jokowi," kata Emrus.

Menurut Emrus, isi bisikan itu juga menunjukkan Jokowi sangat ingin Ganjar menjadi Presiden 2024-2029.

Emrus menilai bisikan Jokowi itu menandakan kepercayaan mantan gubernur DKI itu kepada Ganjar untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

"Kalau dari teori lapisan bawang, bisikan itu cermin kenyataan relasi antara Presiden (Jokowi) dengan Ganjar berada pada lapisan paling dalam atau inti. Hubungan mereka bukan seperti lapisan kulit bawang yang mudah terkelupas. Hubungan mereka tidak bisa terpisahkan," jelas Emrus.(Antara/jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Mengaku Berbisik-Bisik kepada Ganjar, Hasto PDIP Tangkap Sinyal Kuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler