Blanc Tingalkan Les Bleus

Senin, 02 Juli 2012 – 18:01 WIB
Laurent Blanc. Foto: Getty Images

PARIS - Daftar korban pelatih Euro 2012 bertambah. Setelah Franciszek Smuda mundur sebagai arsitek Polandia dan disusul Bert van Marwijk dari jabatan tactician Belanda, Laurent Blanc menyusul kemarin. Sedangkan Dick Advocaat (Rusia) dan Slaven Bilic (Kroasia) lebih dulu mengumumkan bakal meninggalkan tim masing-masing sebelum turnamen.
 
Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) mengumumkan bahwa mereka tidak memperpanjang kontrak Blanc yang berakhir 30 Juni lalu. Blanc mulai menangani Les Bleus " sebutan Prancis - per 2 Juli 2010 sebagai pengganti Raymond Domenech.
 
"Dari pembicaraan antara saya dengan Presiden FFF (Noel Le Graet), kami tidak mencapai kesepakatan untuk saya tetap menangani Prancis selama dua tahun lagi (sampai Piala Dunia 2014 di Brazil, Red)," kata Blanc sepertu dilansir AFP.
 
Blanc juga mengatakan apabila tidak tercapainya kesepakatan lebih karena inisiatif dirinya. Kala ditawari kali pertama menangani Prancis, Blanc juga menolak kontrak berdurasi empat tahun. Di sisi lain, muncul rumor apabila FFF keberatan dengan bujet besar apabila meneruskan kerjasama mengingat staf kepelatihan Blanc terlalu gemuk alias berjumlah 22 orang. "Keputusan saya adalah tidak ingin kontrak saya diperbarui oleh FFF," tandas entraineur 46 tahun itu.
 
Blanc mungkin ingin mempertanggungjawabkan capaian Les Bleus di Euro 2012. Sekalipun terhenti di perempat final oleh juara bertahan Spanyol sebenarnya bukan kinerja buruk pelatih berjuluk Le President itu. Blanc bahkan disanjung kala membawa Prancis tidak terkalahkan dalam 23 laga beruntun atau sebelum keok  0-2 dari Swedia di laga pemungkas grup (19/6).
 
Tapi, seusai kekalahan tersebut, ruang ganti Les Bleus dilanda konflik. Blanc terlibat friksi dengan Hatem Ben Arfa, sedangkan Samir Nasri terlibat adu mulut dengan Alou Diarra. Nasri bahkan diancam skors dua tahun dari timnas karena berselisih dengan media.
 
Lengsernya Blanc pun menuai simpati dari koleganya. Salah satunya dari pelatih juara Ligue 1 Montpellier, Rene Girard. "Dia mungkin tidak menemukan jawaban yang diinginkannya atas kejadian di Piala Dunia (2010). Dia mungkin merasa karakter pemain di skuad sekarang sulit diubah menjadi karakter juara. Kemungkinan lain, sebuah klub menawarinya jabatan," kata mantan asisten Roger Lemerre kala Prancis memenangi Euro 2000 itu.
 
Seiring Blanc telah angkat kaki, kandidat pengganti sudah muncul. Paling favorit adalah pelatih Olympique Marseille Didier Deschamps. Dia sekaligus kapten Les Bleus kala memenangi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Cadangannya adalah eks elatih Olympique Lyon, Glasgow Rangers, dan Kamerun yang setahun terakhir menangani Oman, Paul Le Guen. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... De Rossi dengan Lengan Panjang Sebelah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler