BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Masyarakat Jakarta dan Wilayah Ini Diminta Waspada

Selasa, 22 Juni 2021 – 08:53 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia, Selasa (22/6). Foto/Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia, Selasa (22/6).

Dikutip dari lama resmi BMKG.go.id hujan sedang hingga lebat berpotensi melanda sebagian besar provinsi di Pulau Sumatera seperti Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Peringatan BMKG untuk Warga Jabodetabek, Ada Informasi Penting soal Cuaca Hari Ini

"Kemudian di Pulau Jawa yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur juga berpotensi hujan sedang hingga lebat," tulis BMKG.

Lebih lanjut, sebagian besar wilayah di Pulau Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan.

BACA JUGA: Peringatan BMKG, Warga Jabodetabek Siap-siap Saja Siang Nanti

"Di Pulau Sulawesi yakni Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, berpotensi hujan sedang hingga lebat," katanya.

BMKG menuliskan wilayah lainnya seperti Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat, juga berpotensi hujan sedang hingga lebat.

BACA JUGA: BMKG: Waspada Potensi Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Hari Ini

"Sedangkan di Provinsi Maluku, BMKG mengeluarkan peringatan dini akan adanya angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 kilometer per ja," tulis BMKG.

Jakarta berpotensi dilanda cuaca buruk

BMKG menyebut di DKI Jakarta potensi hujan lebat bahkan disertai angin kencang dan petir.

Hal itu akan melanda tiga kota administrasi di DKI Jakarta pada Selasa sore dan malam.

"Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur," katanya.

Pada wilayah tersebut, suhu akan berkisar 23 hingga 31 derajat Celsius, dengan tingkat kelembapan terendah 80 persen dan tertinggi mencapai 95 persen.

Sementara di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kabupaten Kepulauan Seribu cuaca diprediksi akan cerah hingga hujan ringan pada siang dan malam hari, dengan suhu antara 25 dan 31 derajat Celsius, serta kelembapan 80-95 persen.

"Untuk wilayah sekitar DKI Jakarta seperti Kota Tangerang, akan cerah berawan pada pagi dan hujan ringan pada siang, dengan kisaran suhu 23-31 derajat Celsius," tulis BMKG.

Namun, untuk Provinsi Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Bekasi diperkirakan akan terjadi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

"Terjadi pada sore hingga malam," kata BMKG. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler