BMKG Sebut Sebagian Kota Besar Bakal Diguyur Hujan, Catat Wilayahnya

Minggu, 12 Mei 2024 – 07:07 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca di sebagian wilayah ibu kota provinsi pada Minggu (12/5). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca di sebagian wilayah ibu kota provinsi pada Minggu (12/5).

Dilandir dari BMKG sebagian besar wilayah kota besar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, seperti Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan, Angin Kencang, dan Petir

Di Kota Bandung diprakirakan hujan sedang, dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembapan 60-95.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi pada siang hari ini di wilayah Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang, serta Kota Mamuju yang juga diprakirakan hujan disertai petir pada malam hari nanti.

BACA JUGA: BMKG: Ada Potensi Pertumbuhan Awan Hujan

Beberapa wilayah diprediksi berawan, diantaranya Manado, Ternate, dan Palangkaraya.

Wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi cerah berawan, sedangkan Kota Tarakan diprediksi cerah dengan suhu 25-30 derajat Celcius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis.

Menurut dia, tiga bibit siklon tropis; Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memprediksi pada hari ini hingga besok (13/5), sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.(antara/jpnn)

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 68-25 knot. Kecepatan angin tertinggi berada di Laut Arafuru.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Hujan   BMKG   Cuaca   Cuaca Ekstrem  

Terpopuler