BNPB: Kabut Asap jadi Bencana Nasional gak Ada Pengaruhnya

Rabu, 28 Oktober 2015 – 12:49 WIB
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat menjelaskan titik api di beberapa wilayah, di kantornya, Rabu (28/10). Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pemerintah belum memutuskan kondisi meluasnya kabut asap di sebagian besar wilayah Indonesia sebagai bencana nasional.

Dikatakan, status bencana nasional tidak memberi pengaruh apa pun karena semua kemampuan negara sudah dikerahkan untuk penanganan asap dan karhutla.

BACA JUGA: Pemerintah Akui Salah, Ternyata El Nino Sekarang Lebih Parah

"Ada atau tidak pernyataan presiden tentang darurat bencana nasional, tidak akan berpengaruh apa-apa karena lebih dari 95 persen bantuan yang kami lakukan, personel, pendanaan, sarana prasarana pesawat sudah semua taraf nasional, dari pusat," kata Sutopo di kantornya, Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (28/10).

Meski begitu, kata Sutopo, saat ini baru akan dibahas peraturan presiden (perpres) tentang status dan tingkatan bencana. Perpres ini dibahas BNPB dan kementerian terkait.

BACA JUGA: Punya Tiga Akun Medsos, Ridwan Kamil: Jadi Pejabat Jangan Terlalu Serius Nanti Capek

"Jadi dari aspek legal formalnya, ini masih dibahas. Senin lalu, BNPB kumpulkan semua kementerian lembaga untuk membahas draf perpres itu. Kami akan bahas secepatnya," imbuhnya.

Hasil rapat koordinasi terkait perpres itu akan disampaikan pada Jokowi setibanya di Indonesia, Kamis (29/10).

BACA JUGA: Keputusan Pemanggilan Rini Soemarno Berubah, Begini Kata Pimpinan Pansus

"Kami akan secepatnya sampaikan pada presiden tentang kondisi terkini. Seandainya dinyatakan (sebagai bencana nasional), enggak ada pengaruhnya," tandas Sutopo. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pansus Pertanyakan Kelanjutan Kasus Pelindo II di KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler