BNPB Sediakan Rp 25 Miliar Tangani Kebakaran Riau

Jumat, 21 Juni 2013 – 17:03 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan lembaga yang mengurusi bencana itu sudah menyiapkan dana Rp 25 mkiliar untuk menanggulagi kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Bahkan, Sutopo mengaku bila dana yang dialokasikan untuk hujan buatan itu tidak mencukupi, BNPB siap menggelontorkan dana tambahan untuk segera menjinakkan api di lahan gambut Riau yang telah membuat resah Negara Singapura beberapa hari terakhir.

"BNPB menyiapkan Rp 25 miliar untuk hujan buatan yang diambilkan dari dana siap pakai BNPB. Jika kurang akan ditambah sesuai kebutuhan," kata Sutopo di kantor BNPB Jakarta, Jumat (21/6).

Pada kesempatan itu Sutopo juga mengatakan ada 7 provinsi lain di Indonesia yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan akibat budaya masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar. Di antaranya Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"Bila kebakaran meluas dan terjadi di 7 provinsi lain ini maka akan ditangani seperti Riau. BNPB punya Rp 200 miliar dana siaga untuk semua bencana. Kalau habis siap diajukan ke Menkeu dan DPR," jelasnya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Iskan-Jokowi Bisa Dongkrak Partisipasi Pemilih

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler