Bonsai Senilai Rp 1,6 M Digondol Maling

Rabu, 13 Februari 2019 – 07:09 WIB
Shimpaku juniper, bonsai langka seharga miliaran rupiah merupakan salah satu pohon yang digondol maling dari pasangan pembudidaya di Jepang. Foto: about-bonsai.blogspot.com

jpnn.com, TOKYO - Harapan Fuyumi dan Seiji Iimura untuk bersua lagi dengan bonsai kesayangan mereka sudah habis. Yang bisa mereka lakukan saat ini hanya berharap agar tanaman yang dirawat seperti anak sendiri itu tetap hidup.

Karena itulah, Selasa (12/2), pasangan suami istri asal Saitama, Tokyo, Jepang, tersebut memohon kepada para pencuri untuk merawat bonsai yang mereka ambil.

BACA JUGA: Medali Olimpiade 2020 Berbahan Logam Bekas

''Saya ingin agar siapa pun yang mengambil memastikan bonsai itu disiram,'' ujar Fuyumi sebagaimana dilansir Reuters.

Tujuh bonsai dicuri dari taman milik pasangan tersebut selama beberapa hari berturut-turut sekitar sebulan lalu. Total kerugian mencapai JPY 13 juta (Rp 1,65 miliar). Laporan polisi sudah dibuat, tetapi para pelaku tidak kunjung ketemu.

BACA JUGA: Kepergok Curi Ponsel, Maling Nyaris Tewas Dikeroyok

Salah satu yang dicuri adalah shimpaku juniper, jenis tanaman yang paling dicari para kolektor dan pencinta bonsai. Jika lupa disiram selama tujuh hari, tanaman itu akan mati.

Namun, dengan perawatan yang tepat, mereka bisa hidup berainteininShimpaku juniper adalah yang termahal. Harganya sekitar JPY 10 juta atau setara Rp 1,27 miliar. Sebab, bonsai tersebut sudah berusia ratusan tahun dan langka.

BACA JUGA: 30 Ribu Lansia Jepang Meninggal dalam Kesendirian

''Orang yang berpengalaman dengan bonsai pasti terlibat dalam pencurian ini,'' kata Seiji.

Seiji merupakan master pembudi daya bonsai generasi kelima. Keluarganya membudidayakan bonsai sejak zaman Edo yang berakhir pada 1868.

Dilansir Washington Post, keluarga Seiji mendapatkan bonsai shimpaku juniper yang dicuri tersebut pada empat abad lalu dan menyerahkannya turun-temurun kepada para penerusnya.

Di rumah keluarga Fuyumi dan Seiji Iimura, ada sekitar 3.000 bonsai yang dipajang. Penduduk sekitar boleh melihatnya secara bebas. (sha/c14/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Qatar Juara Piala Asia 2019 dengan Cara Fantastis


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bonsai   maling   Jepang  

Terpopuler