BPBD Minta Masyarakat Baturaja Waspadai Hujan yang Picu Banjir Bandang

Minggu, 21 Maret 2021 – 17:11 WIB
BPBD minta masyarakat Baturaja waspada hujan yang picu banjir bandang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BATURAJA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu Amzar Kristopa melalui Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops), Gunalfi meminta masyarakat mewaspadai bencana hidrologi.

Menurut dia, hal ini berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan ada potensi hujan lebat beberapa hari mendatang di wilayah Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Peringatan BMKG untuk Sejumlah Provinsi Ini, Hujan Lebat Berpotensi Banjir

Dia menyebut, beberapa hari terakhir terdeteksi awan Cumulonimbus atau awan CB terpantau di langit Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Awan Cumulonimbus adalah awan vertikal menjulang tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir serta cuaca dingin lainnya.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca, BMKG Sebut Sejumlah Wilayah Ini Bakal Diguyur Hujan Lebat

Hal itu, berpotensi memicu puting beliung dan jika disertai hujan deras dapat mengundang banjir bandang.

"Sehingga masyarakat yang bermukim di sekitar DAS diimbau meningkatkan kewaspadaan," kata Gunalfi di Baturaja, Minggu (21/3).

BACA JUGA: Peringatan Dini BMKG, Bogor Diprediksi Diguyur Hujan Lebat Malam Ini

Berdasarkan laporan BMKG, awan CB tersebut terpantau di satelit berada di langit kawasan Semendo atau dekat dengan Kecamatan Ulu Ogan yang berada di dataran rendah.

Sementara itu, menyatakan, awan CB juga berada dekat dengan DAS, sehingga rentan terjadi banjir bandang.

"Khususnya masyarakat yang bermukim di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan harus waspada banjir yang dapat terjadi kapan saja," sebut dia.

Menurut dia, Kecamatan Ulu Ogan merupakan salah satu daerah di Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) yang rawan terjadi banjir saat musim hujan.

"Seperti beberapa hari lalu banjir bandang nyaris terjadi di kecamatan tersebut," kata dia.

Oleh sebab itu, Gunalfi mengeluarkan peringatan dini dan terus memantau perkembangan cuaca dari BMKG.

"Kami juga sudah membentuk posko penanggulangan bencana di beberapa daerah rawan bencana banjir dan menyiapkan personel untuk menanggulangi bencana sedini mungkin," ujar dia.

Gunalfi mengatakan juga, banjir melanda belasan rumah warga di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu (20/3) malam.

"Akibat hujan deras tadi malam (20/3), lebih dari 10 rumah warga yang terdampak banjir," kata Gunalfi.

Dia mengemukakan meskipun tidak ada korban jiwa, banjir masuk rumah warga kawasan Kelurahan Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur dengan ketinggian air 30-50 sentimeter.

"Tidak ada korban jiwa karena debit air tidak begitu parah," sebut dia.

Kendati demikian, masyarakat tetap diminta meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi banjir susulan karena diprediksi curah hujan masih tinggi selama beberapa hari ke depan. (antara/jpnn)

 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BMKG   Hujan   banjir   Banjir Bandang   BPBD  

Terpopuler