BPJS Ketenagakerjaan Jamin Perawatan 2 Pemain Timnas Putri yang Cedera di Laga Piala AFF U-19

Senin, 17 Juli 2023 – 10:25 WIB
BPJS Ketenagakerjaan dan PSSI melakukan sinergi kerja sama dan launching Gerakan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada ekosistem sepak bola Indonesia yang disepakati dalam nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak, yaitu Anggoro Eko Cahyo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: Dokumentasi Humas BPJS Ketenagakerjaan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan menjamin perawatan 2 pemain Timnas Putri Indonesia yang mengalami cedera saat berlaga di Piala AFF U-19 2023.

Keduanya pemain Timnas Putri Indonesia tersebut adalah Marsela Yuliana Awi dan Sheva Imut Furyzcha yang harus mendapatkan perawatan maupun tindakan medis di rumah sakit.

BACA JUGA: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Kerja Keras Bebas Cemas di 128 Kelurahan se-Jakarta

BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyedia jasa perlindungan terhadap pekerja, termasuk pekerja informal, seperti atlet timnas, memastikan keduanya mendapatkan perawatan yang maksimal.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyampaikan seluruh pemain Timnas Putri U-19 Indonesia yang berlaga di Piala AFF yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang ini akan dilindungi keselamatannya, sejak saat latihan terlebih saat pertandingan.

BACA JUGA: Striker Timnas Putri Indonesia Dinobatkan jadi Pemain Terbaik AFF U-19

“Kami memastikan mereka mendapatkan haknya secara maksimal. Perlindungan yang kami berikan tidak sebatas hanya pengobatan di rumah sakit saja, namun kami juga memastikan pemain tersebut bisa kembali ke lapangan dengan kondisi terbaik pascacedera,” kata Anggoro melalui keterangan, Senin (17/7).

Anggoro menyampaikan BPJS Ketenagakerjaan saat ini berfokus memberikan perlindungan kepada pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah, salah satunya kepada profesi atlet.

“Seperti kampanye kami ‘Kerja Keras Bebas Cemas’, kami ingin peserta kami, seluruh pekerja, bisa melakukan pekerjaannya sekeras dan seoptimal mungkin. Apapun profesinya, untuk segala risiko serahkan kepada kami, tidak perlu khawatir dan cemas,” ujar Anggoro.

Sebagai informasi, pada April 2023 lalu, BPJS Ketenagakerjaan dan PSSI melakukan sinergi kerja sama dan launching Gerakan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Ekosistem Sepak Bola Indonesia yang disepakati dalam nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak, yaitu Anggoro Eko Cahyo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Nota kesepahaman ini berisi tentang perlindungan bagi para pelaku olahraga, asosiasi, liga, klub, ofisial, pemain, dan suporter sepak bola.

Perlindungan yang diberikan, meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Lebih detail mengenai kejadian tersebut, Dokter Timnas Putri U-19 Indonesia dr Risky Dwi Rahayu Sp.KO mengatakan kedua atlet tersebut mengalami cedera akibat benturan keras pada bagian dada serta kepala dan pipi kanan.

Mereka melakukan duel head to head dengan pemain lawan.

Akibat benturan keras itu, keduanya membutuhkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit.

"Dua atlet tersebut kami rujuk ke RSUD Siti Fatimah Az-Zahra. Selama proses ini seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, karena atlet timnas U-19 telah terdaftar dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan," kata Risky, Jumat (14/7).

Secara regulasi, perlindungan ketenagakerjaan bagi pekerja formal dan informal seperti atlet sudah diatur dalam Pasal 100 Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Regulasi tersebut menyebutkan setiap insan olahraga dan pelaku olahraga diberikan perlindungan jaminan sosial sesuai Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Anggoro kembali menegaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen penuh dalam mendukung atlet Indonesia berlaga di kancah nasional maupun internasional.

“Para atlet ini perwakilan kita di mata internasional, kami akan dukung penuh," tegasnya.

Dia berharap dengan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan, seluruh atlet bisa fokus berlatih dan bertanding.

"Harapannya akan menghasilkan prestasi yang optimal dan mengharumkan nama Indonesia,” pungkas Anggoro. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler