BPS Sebut Masyarakat Puas dengan Layanan Haji

Senin, 08 Agustus 2011 – 12:24 WIB
JAKARTA - Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas masyarakat Indonesia yang sudah pernah naik haji menyatakan puas terhadap pelayanan haji di tahun 2010Bahkan layanan haji dianggap semakin membaik dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2009.

"Itu murni dari tiga ribu masyarakat yang kita jadikan sampel survei

BACA JUGA: Busyro Muqoddas Makin Khusuk Bekerja

Jadi, tidak mengada-ngada atau dibuat-buat, ataupun pesanan dan arahan dari Kementerian Agama," kata Kepala BPS RI, Rusman Heriawan, saat memaparkan hasil survei pelayanan haji Indonesia, Senin (8/8), di aula BPS.

Rusman menambahkan, walaupun masyarakat mengaku puas terhadap pelayanan haji, namun tetap mengeluhkan kurang maksimalnya masalah katering, transportasi, dan pemondokan jamaah di Arab Saudi
Sehingga menurutnya, hal ini (tetap) perlu menjadi perhatian Kementerian Agama RI (Kemenag) dalam memaksimalkan pelayanan haji di tahun yang akan datang.

Sementara itu, Menag Suryadharma Ali mengakui bahwa keluhan masyarakat dari hasil survei BPS tersebut benar adanya, dan sekarang ini sedang terus diperbaiki

BACA JUGA: Puasa Bikin Busyro Makin Khusuk Bekerja

Mengenai katering, menurut Menag, memang cukup berat dan repot mengatasinya
Sebab, jamaah haji terdiri dari berbagai daerah dan kebiasaan, sehingga makanan yang disediakan terkadang tidak sesuai dengan seleranya.

"Itu yang sering dihadapi (urusan) katering

BACA JUGA: Percepatan Provinsi Papua Tengah jadi Solusi

Tapi kita tetap berpikir dan berupaya agar makan teratur, dan jamaah tak kelaparan," ungkap Suryadharma.

Menag menambahkan, akan halnya untuk transportasi, juga masih menjadi permasalahan sampai saat ini, di mana pemerintah Arab Saudi sendiri menurutnya juga mengakui belum mampu mengantisipasinyaSehingga wajar katanya, bila ada jamaah yang menunggu transportasi 7 sampai 15 jam"Lha, saya saja pernah menunggu 9 jam," ujarnya.

Pada intinya, kata Menag lagi, hasil survei yang dilakukan BPS itu akan menjadi acuan Kemenag dalam memperbaiki pelayananHasil itu juga nantinya akan dibandingkan dengan (hasil) Surveyor Indonesia yang dalam waktu dekat juga akan menyampaikan kesimpulan surveinya terkait pelayanan haji.

"Survey ini tidak ada kita arahkanKita juga menunggu hasil survei Surveyor IndonesiaDan kita akan bandingkan hasilnya dengan data BPS," pungkas Suryadharma(jwr/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Malinda Dee Balik ke Tahanan setelah Lebaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler