BPS Sebut Perekonomian Indonesia Tumbuh, Puteri Singgung Kebijakan Airlangga 

Jumat, 05 Agustus 2022 – 22:22 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyediaan bibit unggul jagung hibrida Kementerian Pertanian (Kementan). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin menyambut positif temuan Badan Pusat Statistik (BPS) soal pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 yang naik 5,44 persen.

Sebab, kata dia, perekonomian Indonesia bisa bertumbuh dibandingkan negara lainnya, meskipun ada ketidakpastian global.

BACA JUGA: BPS Sebut Kontribusi Sektor Pertanian Pada PDB Mencapai 12,98 Persen

“Ini sungguh prestasi yang menggembirakan, karena pertumbuhan ekonomi kita terus menguat dibandingkan negara lain,” kata Puteri kepada wartawan, Jumat (5/8).

Legislator Fraksi Partai Golkar itu meyakini peran Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

BACA JUGA: BPS: Inflasi Berpotensi Membuat Penduduk Miskin Sumsel Bertambah

Puteri merasa berbagai kebijakan yang dikeluarkan Airlangga membuat ekonomi di Indonesia bisa berputar.

“Termasuk konsistensi dalam menjaga daya beli masyarakat pada kelompok 40 persen terbawah dengan menggenjot penyaluran Program PEN yang juga dinahkodai beliau," ujar legislator Daerah Pemilihan VII Jawa Barat itu.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Mesti Cermat Sikapi Dinamika Internal KIB dan Golkar

Puteri melanjutkan kebijakan Airlangga yang terus memberikan dukungan pembiayaan UMKM melalui skema KUR dan pelatihan pekerja lewat Kartu Prakerja membuat ekonomi Indonesia tumbuh.

Belum lagi, lanjut Puteri, keseriusan dalam mendorong keberjalanan proyek strategis nasional, khususnya proyek infrastruktur yang dapat memberikan efek pengganda bagi pertumbuhan wilayah dan nasional.

"Hasilnya, tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang tertopang, tetapi juga mampu mengurangi tingkat kemiskinan secara nasional,” ujar Puteri.

Sebelumnya, BPS melaporkan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 tumbuh sebesar 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan bila melihat pertumbuhan secara tahunan, realisasi itu menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia trennya terus membaik karena mengalami pertumbuhan positif sejak kuartal III-2021, yang pada saat itu tercatat tumbuh 3,51 persen (yoy).

"Secara yoy kuartal II-2022 tumbuh 5,44 persen, bisa dilihat tren pertumbuhan ekonomi ini meningkat secara persistent. Polanya mulai dari kuartal III-2021 terus mengalami pertumbuhan yang terus berlanjut hingga kuartal II-2022, bahkan angkanya semakin meningkat," ujarnya dalam konferensi, Jumat ini. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler