Brave Combat Federation Komitmen Bangun Ekosistem MMA di Indonesia, Begini Langkahnya

Jumat, 03 November 2023 – 19:25 WIB
Brave Combat Federation Komitmen Bangun Ekosistem MMA di Indonesia. Foto: Brave Combat Federation

jpnn.com - Seni bela diri campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) telah menjadi fenomena global yang mendapat atensi dari penggemar olahraga di seluruh dunia.

MMA menjadi cabang bela diri yang paling cepat berkembang dalam industri olahraga.

BACA JUGA: Timnas MMA Raih 4 Medali dari Kejuaraan Asia di Bangkok

Event-event MMA selalu penuh penonton, dan memiliki rating yang bagus. Selain itu, gym-gym MMA makin menjamur dan digemari masyarakat, sehingga banyak anggota gym yang bercita-cita menjadi atlet MMA.

Di Indonesia sendiri, MMA telah menjadi industri olahraga yang kian matang. 

BACA JUGA: Lions MMA, Gymnasium Terbesar di Indonesia Hadir di Bali

Hal ini membuat BRAVE Combat Federation (BRAVE CF) kembali menggelar kompetisi MMA, bahkan berambisi menjadikan Indonesia sebagai pusat MMA di Asia.

Menyusul kesuksesan BRAVE CF 12 dan BRAVE CF 66 yang diadakan di Jakarta dan Bali, promotor MMA ternama di dunia ini siap menggelar BRAVE CF 76 pada 25 November 2023 di Balai Sarbini, Jakarta.

BACA JUGA: One Pride MMA Bakal Tayang Di ANTV, Ghea Youbi Bakal Beri Penampilan Spesial

Ini merupakan event ke-3 dari BRAVE yang diselenggarakan di Indonesia.

“BRAVE CF berupaya menjadikan Indonesia sebagai pusat MMA di Asia, bahkan dunia. Harapannya, bisa melahirkan generasi baru petarung Indonesia yang mampu mengharumkan merah putih di tingkat internasional,” ucap Principle KHK Holding, Rika Aryuna, 

Dalam kacamata Rika, Indonesia yang kaya dengan seni bela diri telah secara alami menjadi rumah bagi banyak atlet berbakat.

Keberhasilan atlet-atlet Indonesia berprestasi di tingkat internasional, telah menandai negara ini sebagai pasar potensial bagi pengembangan MMA.

“Indonesia memiliki infrastruktur dan fasilitas yang makin berkembang untuk mendukung industri olahraga MMA."

"Dengan makin berkembangnya pusat pelatihan dan seriusnya asosiasi cabang olah raga bela diri, Indonesia siap menjadi pusat pelatihan dan pengembangan atlet-atlet MMA,” tambah Rika.

Sementara itu, Rudy Agustian selaku matchmaker BRAVE CF 76 menjelaskan akan ada 10 partai di Balai Sarbini akhir November ini.

“Kompetisi ini melibatkan fighters mancanegara, mulai dari Rusia, Thailand, bahkan Australia,” jelas atlet Muay Thai yang kerap disapa Rudy Golden Boy itu.

Rudy menambahkan, beberapa petarung nasional turut ambil bagian dalam turnamen ini.

 “Salah satunya adalah Vincent Majid, peraih rekor MURI sebagai atlet pertama yang mampu merengkuh juara 1, 2, dan 3 di 12 cabang olah raga bela diri berbeda,” lanjutnya.

BRAVE CF sendiri merupakan promotor kompetisi MMA yang berbasis di Bahrain, dan lisensinya dimiliki oleh KHK Holding.

Organisasi ini didirikan pada 23 September 2016 oleh Sheikh Khalid bin Hamad Al-Khalifah. Saat ini, berbagai petarung MMA dari lebih dari 30 negara dari lima benua, turut bernaung dan berkompetisi dalam BRAVE CF.

Event ini juga disiarkan di sekitar 200 stasiun televisi di seluruh dunia.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler