Brazil Tantang Meksiko di Final Olimpiade

Rabu, 08 Agustus 2012 – 05:05 WIB
LONDON—Misi Brazil untuk mencicipi gelar pertama di cabang sepakbola Olimpiade hampir menjadi kenyataan. Pasalnya tim juara dunia lima kali tersebut memastikan diri sebagai penantang Meksiko di partai final sepakbola Olimpiade London.

Hasil ini diperoleh setelah Neymar dan kawan-kawan menyudahi perlawanan Macan Asia, Korea Selatan dalam laga yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Manchester, Selasa (7/8) petang atau Rabu (8/8) dini hari waktu Jakarta. Brazil unggul 3-0 lewat gol yang masing-masing dicetak Romulo di menit ke 38 dan dua gol Leandro Damiao di menit ke 57 dan 64.

Dalam laga ini Korea Selatan sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan di 15 menit awal babak pertama.  Beberapa kali  Ji Dongwon dan kawan-kawan mendapatkan kesempatan untuk membobol jala Brazil yang dikawal Gabriel. Kesempatan ini lahir terutama dari formasi permainan sayaf yang sangat efektif memasok bola dari lapangantengah ke depan.

Namun demikian memasuki menit ke 20 Brazil mulai menemukan ritme permainannya. Permainan apik satu dua diperagakan trio Neymar, Damiao dan Oscar yang dipasang sebagai starter. Hasilnya terlihat di menit ke 38 saat umpan Oscar mampu diteruskan oleh Romulo menjadi gol. Brazil memimpin 1-0.

Gol perdana ini semakin membuat anak-anak negeri samba ini lebih trengginas. Aksi individual yang dimiliki benar-benar dimanfaatkan untuk mengobrak-abrik  pertahanan Korea. Namun sayang peluit panjang tanda babak pertama berakhir berhembus.

Memasuki babak kedua tensi permainan sedikit keras. Aksi saling tekel terlihat. Namun Brazil berhasil memaksimalkan momentum lewat serangan terpadu yang dimotori Neymar. Hasilnya di menit ke 57. Neymar mengirim umpan yang dikonversikan menjadi gol oleh Damiao. Brazil menjauh menjadi 2-0.

Tak berselang lama tepatnya di menit 63 kerjasama Damiao-Oscar membuahkan hasil. Damiao mencetak gol keduanya sekaligus menempatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sementara di Olimpiade ini. Brazil unggul 3-0.

Korea sebenarnya tidak tinggal diam. Mereka sebenarnya mengintensifkan serangan semenjak peluit babak kedua. Namun padunya pertahanan Brazil yang dipimpin Marcelo membuat serangan  Kim Hyunsung dan kawan-kawan kerap menemui jalan buntu. Dengn hasil ini duel Amerika Selatan akan tersaji di partai final. Sementara medali perunggu akan diperebutkan dua utusan Asia, Korea dan Jepang.(zul/jpnn)

Starting Eleven

Brazil: (4-2-3-1) Gabriel; Rafael, Thiago, Juan, Marcelo; Sandro,
Romulo; Alex Sandro, Oscar, Neymar; Damiao


Korea: (4-4-2) Lee; Jae-Suk Oh, Yun, Kim Younggwon, Hwang; Ki, Kim
Bokyung, Nam, Koo; Ji, Kim Hyunsung
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bungkam Jepang, Meksiko Ke Final Olimpiade

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler