BRI Dinobatkan sebagai Bank Persero Berkinerja Terbaik di Ajang Penghargaan BIA 2024

Selasa, 09 Juli 2024 – 13:00 WIB
BRI mendapatkan penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024 sebagai perusahaan berkinerja terbaik untuk kategori Bank Persero. Foto: Dokumentasi BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan pengakuan atas kinerja yang positif dan berkelanjutan.

BRI mendapatkan penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024 sebagai perusahaan berkinerja terbaik untuk kategori Bank Persero.

BACA JUGA: Konsisten Atasi Masalah Sampah, BRI Raih Penghargaan Platinum di BISRA Awards 2024

BIA 2024 yang mengusung tema Agility in Uncertainty menyoroti pentingnya kemampuan adaptasi dan inovasi dalam menghadapi ketidakpastian.

Tema ini sangat relevan dengan kondisi dunia usaha selama lima tahun terakhir, di mana perusahaan-perusahaan harus beradaptasi dengan cepat dan efektif untuk tetap bertahan dan berkembang.

BACA JUGA: Rating Sustainalytics BRI Terus Membaik Berkat Pengelolaan Risiko ESG yang Kuat

Acara BIA yang digelar di Jakarta pada pertengahan Juni 2024 lalu merupakan agenda tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada korporasi, terutama yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Dalam penghargaan ini, Bisnis Indonesia Award 2024 menganugerahkan penghargaan kepada perusahaan berkinerja terbaik dari berbagai kategori industri, yakni 39 kategori emiten non-bank dan 7 kategori perbankan.
Penentuan pemenang dipiilih berdasarkan penjurian independen dari pakar yang berpengalaman di bidang dunia usaha, pasar modal, dan finansial.

BACA JUGA: Ajang Product Development Conference 2024, BRI Tampilkan Perjalanan Transformasi Digital

Atas capaian tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan penghargaan tersebut didedikasikan untuk seluruh Insan BRILian atau pekerja BRI.

Pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Insan BRILian karena telah memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan dan memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah.

"Penghargaan ini dicapai atas kontribusi dan kerja keras Insan Brilian sehingga kinerja BRI tetap mampu tumbuh berkelanjutan," ujar Sunarso dalam keterangan resminya, Selasa (9/7).

Dia menegaskan BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia terus berinovasi dan menjalankan transformasi secara berkelanjutan.

Dari sisi kinerja, BRI berhasil mencetak laba Rp 15,98 triliun hingga akhir kuartal I 2024.

Perseroan juga berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 1.308,65 triliun atau tumbuh double digit sebesar 10,89 persen year-on-year (yoy).

Dari penyaluran kredit tersebut, sebesar 83,25 persen di antaranya atau sejumlah Rp 1.089,41 triliun merupakan portofolio kredit untuk segmen UMKM.

Penyaluran kredit yang tumbuh double digit tersebut berdampak terhadap meningkatnya aset perseroan, di mana tercatat aset BRI mencapai sebesar Rp 1.989,07 triliun atau tumbuh 9,11 persen yoy.

Perinciannya, seluruh segmen pinjaman BRI tercatat tumbuh positif, segmen mikro tercatat tumbuh 10,51 persen yoy menjadi Rp 622,61 triliun, segmen konsumer tumbuh 11,62 persen yoy menjadi Rp 193,96 triliun, segmen kecil dan menengah tumbuh 8,06 persen yoy menjadi Rp 272,85 triliun dan segmen korporasi tumbuh 15,10 persen yoy menjadi Rp219,24 triliun.

“Ke depan, BRI tetap optimistis di tengah kondisi perekonomian dunia yang masih diliputi ketidakpastian," ujar Sunarso.

Dia menambahkan perseroan memiliki optimisme yang besar untuk mengarungi iklim bisnis pada 2024, karena BRI memiliki fundamental yang kuat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler