BRI Kucurkan Kredit Rp 1,5 Triliun

Sabtu, 28 April 2012 – 08:23 WIB

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan kredit modal kerja dan investasi Rp 324,1 miliar untuk Proyek Perluasan Dermaga dan Kompleks Pergudangan PT Petrokimia Gresik. Dengan tambahan penyaluran kredit tersebut, BRI telah mengucurkan kredit hingga Rp 1,5 triliun ke sesama perusahaan pelat merah ini.

Kredit ini juga sekaligus untuk mendukung ekspansi bisnis perusahaan. Saat ini kapasitas bongkar muat Dermaga Petrokimia Gresik yang sebesar 5 juta ton/tahun ternyata tidak mencukupi untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.

Sehingga diperlukan penambahan kapasitas bongkar muat menjadi 7 juta ton/tahun dan komplek pergudangan untuk menampung hasil produksi pupuk. Total project cost Investasi tersebut sebesar Rp 463 miliar dan porsi pendanaan BRI adalah 70 persen dan sisanya sebanyak 30 persen dari equity perusahaan.

Dengan demikian Bank BRI sudah menggelontorkan kredit untuk modal kerja dan investasi kepada PT Petrokimia Gresik sebesar Rp 1,5 triliun setelah sebelumnya BRI juga sudah memberi kredit sebesar Rp 1,2 trilIun.

"Selain itu di sisi layanan perbankan BRI telah memberikan fasilitas cash management dan BRI Virtual Account untuk membantu para distributor PT Petrokimia Gresik dalam melakukan penebusan pupuk melalui seluruh jaringan kerja dan E–channel BRI di seluruh Indonesia," ujar Sekretaris Perusahaan Bank BRI Muhamad Ali dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (27/4).

Dia mengatakan, dukungan pembiayaan tersebut merupakan wujud komitmen BRI untuk mendukung Industri Pupuk Nasional yang tergabung dalam Holding PT Pupuk Indonesia (Persero). Saat ini total pembiayaan BRI kepada seluruh perusahaan yang tergabung dalam Holding PT Pupuk Indonesia (Persero) telah mencapai Rp 5,9 triliun.

"Pada 2012 ini BRI telah memberikan pendanaan Rp 1 triliun atau porsi yang terbesar dalam pembiayaan club deal PT Pupuk Kujang untuk refinancing Pabrik Kujang IB. Sehingga penandatanganan perjanjian kredit ini merupakan komitmen BRI yang kedua di tahun 2012 untuk perusahan dibawah Holding PT Pupuk Indonesia (Persero)," tutup Ali.

Ke depan BRI siap mendukung ekspansi bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) antara lain untuk rencana revitalisasi pabrik pupuk Pusri 2B, Petrokimia Urea, dan Kujang IC. Selain itu BRI juga siap bekerja sama mengembangkan sistem host to host pembayaran pupuk secara online seperti yang sudah dikembangkan BRI bersama-sama dengan PT Pusri Palembang. (far)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Chairul Borong Sisa Saham, Emirsyah Tetap Pegang Dirut Garuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler