BRI Microfinance Outlook 2023 Bahas Prospek Ekonomi di Tengah Ketidakpastian

Rabu, 25 Januari 2023 – 12:16 WIB
BRI Microfinance Outlook 2023 Bahas Prospek Ekonomi di Tengah Ketidakpastian. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - BRI Microfinance Outlook 2023 akan berlangsung Kamis (26/1), dengan menghadirkan menteri hingga pakar ekonomi kelas dunia.

Acara tahunan ini sebagai bentuk komitmen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah ketidakpastian ekonomi global.

BACA JUGA: Tagar Terima Kasih Orang Baik Viral di Sosmed, Bank BRI Beri Apresiasi

Event yang mengusung tema Financial Inclusion and ESG: The Road to Equitable and Economic Prosperity ini juga menghadirkan pembicara dari kalangan profesional dan jajaran direksi Bank BRI.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan acara ini memperkuat komitmen perusahaan yang memberikan solusi bagi pelaku UMKM naik kelas.

BACA JUGA: TOP! Bank BRI Borong 14 Penghargaan ESG Awards 2020

"Juga mendukung pemerintah dalam mewujudkan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi lewat pembiayaan inklusif serta berprinsip pada ESG," kata Sunarso dalam keteranganny, Rabu (25/1).

Orang nomor satu di bank pelat merah ini akan mengisi welcoming speech dan membahas penguatan peran lembaga keuangan dalam mendukung keuangan berkelanjutan.

BACA JUGA: Bank BRI Gelar BritAma FSTVL, Inklusi Keuangan Nasional Kian Bertaji

Acara dilanjutkan dengan keynote speech dari beberapa menteri, termasuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang akan menjelaskan terkait optimalisasi regulasi pemerintah dalam mendorong investasi berorientasi lingkungan dan berkelanjutan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang akan membahas kebijakan anggaran pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pengembangan sustainable dan green finance.

Kemudian, Erick Thohir akan membahas peran BUMN dalam pemerataan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid di Gedung BRI 1, Lt. 21 dan melalui Zoom dengan menyuguhkan dua sesi diskusi yang membahas peningkatan kedalaman inklusi keuangan dengan ekosistem mikro.

Di sesi pertama, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dan Michael Chu, pengajar senior (Senior Lecturer) dari Harvard Business School akan membahas sustainable finance for micro entrepreneur.

Pembicara lainnya ada President and CEO Accion Michael Schlein yang akan membahas topik green banking, green microfinancer.

Di sesi kedua, BRI menghadirkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, yang akan mengulas topik dengan judul “Building a Social Economy by Working with Impactful Business”.

Sesi ini turut menghadirkan Direktur Kepatuhan BRI Achmad Solichin yang akan membahas implementasi ESG dalam mendorong pengembangan UMKM.

Pembicara lainnya di sesi ini adalah Simon O'Connell, Chief Executive Officer SNV, yang akan memaparkan topik dengan judul Embedding ESG Metrics as a Companies’ Competitive Advantage.

ESG merupakan sebuah standar perusahaan dalam praktik operasionalnya, yang terdiri dari tiga konsep, yakni lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

BRI Microfinance Outlook 2023 akan menghadirkan vokalis grup band Gigi Armand Maulana yang akan melantunkan beberapa lagu populernya di setiap sesi break. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler