BTN Beri Dukung Lengkap dari Pembiayaan Hingga Bazaar UMKM BUMN di Sarinah

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 14:21 WIB
PT Bank Tabungan Negara (BTN) ikut mendukung bazar UMKM BUMN dengan tajuk BerKRIYAsi, yang digelar di lantai LG Sarinah, Jakarta, pada 17-20 Oktober 2024. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) berupaya memberikan dukungan lengkap bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kali ini, selain memberikan pembiayaan, BTN ikut mendukung bazar UMKM BUMN dengan tajuk BerKRIYAsi, yang digelar di lantai LG Sarinah, Jakarta, pada 17-20 Oktober 2024.

BACA JUGA: Mudahkan Masyarakat Punya Rumah, BTN Syariah Gelar Akad Massal KPR Tapera Syariah di Jember

Gelaran bazar UMKM BUMN BerKRIYAsi merupakan kegiatan yang diinisiasi Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Bazar ini menghadirkan beragam jenis UMKM yang diharapkan bisa menjadi wadah bagi mereka untuk memamerkan dan menjual berbagai produk inovatif yang dihasilkan.

BACA JUGA: Lewat BerKRIYAsi, PT Pegadaian Berpartisipasi Dorong Pertumbuhan UMKM Sektor Kriya

Penyelenggaraan bazar tematik ini juga ditargetkan bisa meningkatkan pengembangan UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan perseroan terus berupaya mendukung pengembangan UMKM, baik melalui penyediaan pembiayaan, pembinaan, maupun wadah untuk promosi.

BACA JUGA: Muchlas Rowi Kembali Ditunjuk jadi Komisaris Independen Jamkrindo

Hingga kini, BTN telah membiayai dan membina berbagai UMKM mulai dari usaha yang berkaitan dengan perumahan hingga keluarga.

“Sebagai BUMN, BTN terus berkomitmen untuk memberikan dukungan yang komprehensif bagi UMKM untuk maju sehingga dapat turut menopang pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Nixon.

Pada bazar berKRIYAsi, BTN juga menghadirkan beragam jenis UMKM tersebut di antaranya yang bergerak di bisnis batik, aksesoris, anyaman plastik daur ulang, ecoprint & fashion craft, kerajinan pernak-pernik, tas rotan, perhiasan, hingga furnitur.

BTN juga memberikan diskon hingga 74% untuk transaksi menggunakan btnmobile.

Peran lain yang telah dilakukan BTN dalam mengembangkan UMKM adalah dengan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Hingga semester I/2024, BTN telah mencatatkan pertumbuhan KUR sebesar 101,6% menjadi Rp2,4 triliun dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Lima daerah yang berkontribusi terbesar dalam penyaluran KUR BTN antara lain, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Tengah, dan Banten.

BTN juga menerapkan tiga strategi utama untuk meningkatkan penyaluran kredit KUR sepanjang 2024.

Ketiga strategi itu antara lain, ekspansi jumlah outlet KUR mencapai 300 outlet, fokus KUR di usaha kecil yang terhubung dengan ekosistem perumahan, dan digitalisasi proses KUR (BTN LAKU) untuk percepatan proses kredit.

Sementara itu, selain di Sarinah, Bazar UMKM berKRIYAsi juga akan digelar di Makassar tepatnya di Trans Studio Mall Makassar pada 24-27 Oktober 2024.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler