Buah Impor Langka

Jumat, 12 April 2013 – 08:46 WIB
BOGOR – Buah impor bukan hanya langka di pasar tradisional tapi juga langka di pasar modern. Kelangkaan itu merujuk keputusan pemerintah yang melarang impor buah.

Si toko buah Total Fresh misalnya. Buah import di pasar modern ini langka. “Untuk di sini sendiri sudah tidak ada buah import seperti apel, jeruk karena memang sudah menjadi keputusan dan juga pemasok sulit untuk memasukan ke sini,” kata Leader Total Fresh, Rouf kepada Radar Bogor (Grup JPNN), Kamis (11/4).

Menurutnya, buah impor kini langka setelah larangan dari pemerintah mengenai impor buah itu. Rouf menambahkan, buah import yang tersiksa saat ini hanya buah pear. Buah Pear pun pasokannya sangat terbatas, meski sampai saat ini masih pengiriman masih berjalan.

“Biasanya dalam pengiriman buah import itu terkadang untuk satu item sekitar 30 hingga 40 box dalam sekali pengiriman,” ujarnya.

Soal kelangkaan ini para konsumen pun mengeluh. Sebab, kualitas buah impor masih dianggap lebih bagus. Dengan kelangkaan yang terjadi harga buah impor seperti apel dan jeruk cukup signifikan.

“Harga Apel sebelum kelangkaan Rp21 ribu dan sekarang menjadi Rp62 ribu, sedangkan Jeruk dari harga Rp23 ribu menjadi Rp98 ribu,” jelasnya.

Dengan pengurangan buah import, Rouf mengaku tidak mengganggu penjualan buah di Total Fresh. “Penurunan penjualan tidak terlalu signifikan yah, hanya dua hingga tiga persen,” pungkasnya.(yul/b)

BACA ARTIKEL LAINNYA... India Ingin Genjot Kerjasama dengan RI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler