Buat Warga Kalsel, Ada Kabar Baik dari Presiden Jokowi

Minggu, 26 September 2021 – 18:40 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak bencana banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Senin (18/1). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Desakan warga Kalimantan Selatan agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka, akhirnya disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jembatan yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Provinsi Kalimantan Tengah.

Kawasan ini terkenal kemacetannya terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir. Mengetahui pentingnya jembatan itu untuk masyarakat, Presiden Jokowi meminta jajarannya membuka jembatan itu segera.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Bantu Pasien Isoman dengan Hasil Tani, Menko Airlangga Beri Pujian

“Benar, Bapak Presiden meminta Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Minggu (26/9).

Heru mengatakan pembukaan Jembatan Sei Alalak tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

BACA JUGA: Kasus Korupsi di Kalsel, KPK Tetapkan 3 Orang Tersangka

“Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” ucap Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan presiden.

BACA JUGA: Warga Kalsel Antusias Ikut Vaksinasi, Menko Airlangga Perintahkan Pemda Jaga Stok Vaksin

“Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan presiden,” ucap Basuki.

Basuki menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan polda setempat. Hal itu untuk koordinasi untuk uji coba operasional terbatas ini.

"Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan,” ucap Basuki.

Basuki meminta masyarakat Kalsel menaati aturan lalu lintas. Selain itu, dia pun meminta pengemudi kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan.

“Kami khawatir karena jembatan baru, masyarakat ingin berhenti untuk melihat jembatan atau berfoto. Mohon untuk kepentingan bersama kita tertib dan mentaati aturan lalu lintas,” ujar Basuki.

Lebih lanjut Basuki meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Jembatan Sei Alalak telah selesai seluruh proses pembangunannya pada Jumat (24/9). Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. (tan/jpnn)


Redaktur : Adil
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler