Buka Indo Smart City APEKSI 2022, Dirjen Bina Adwil Tekankan Pentingnya Peran Wali kota

Sabtu, 15 Oktober 2022 – 03:32 WIB
Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Indo Smart City 2022, pada Rabu (12/10) di Techno Park, Kota Surakarta. Foto dok Indo Smart City

jpnn.com, SURAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Indo Smart City 2022, pada Rabu (12/10) di Techno Park, Kota Surakarta.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI sekaligus Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka serta tidak kurang dari 17 Walikota ini dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA, mewakili Menteri Dalam Negeri.

BACA JUGA: Kagum Dengan Sosok Erick Thohir, Sule: Wah, Luar Biasa Sekali

Dalam sambutannya, Safrizal menyampaikan saat ini Indonesia telah masuk dalam era baru perkotaan, di mana jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan lebih banyak dibandingkan di wilayah pedesaan.

"Proyeksi data menunjukkan pada 2045 nanti sebanyak 67,1 % populasi penduduk Indonesia adalah warga perkotaan," ungkap Safrizal.

BACA JUGA: Ini 5 Skincare Pria yang Bisa Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sementara itu, tata kelola perkotaan menjadi satu titik tumpu yang tidak hanya bermakna penting, namun juga mengandung arti strategis dalam perkembangan perkotaan.

Peran sentral Wali kota menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tata kelola perkotaan cerdas atau dikenal dengan istilah smart city.

BACA JUGA: Tingkatkan Tata Kelola Lembaga yang Baik, LPEI Gandeng Kejaksaan

"Key Factor dalam upaya mewujudkan smart city adalah political and good will dari kepala daerah, start with mindset, execute within policy,  dimana tata kelola perkotaan harus diselenggarakan dengan smart sehingga mampu menjawab tantangan dan kompleksitas perkotaan," tutur Safrizal.

Indo Smart City Expo dan Forum 2022 tidak hanya dihadiri kalangan pemerintah saja, namun menjadi melting point dari sektor swasta, puluhan start up, akademisi maupun publik secara luas.

Tidak kurang dari 27 penyedia jasa teknologi hadir memamerkan produk solusi pintar serta perwakilan dari berbagai perguruan tinggi.

"Kami mengapresiasi APEKSI, khususnya Pemerintah Kota Surakarta sebagai tuan rumah atas sukses terselenggaranya Indo Smart City 2022, ruang-ruang kolaborasi dan inovasi ini harus terus diperkuat," papar dia.

Dan kedepannya  melalui PP Perkotaan, Kementerian Dalam Negeri akan melakukan pengukuran tingkat maturasi smart city di Indonesia sebagai bagian dari kebijakan komprehensif  tata kelola perkotaan.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler