Bukan Sekadar Uji Coba

Sabtu, 04 Juni 2011 – 10:20 WIB
GOIANIA - Memang pertarungan antara timnas Brazil versus Belanda dini hari nanti hanyalah bertitel laga uji cobaNamun, bukan berarti mereka tidak menjalaninya dengan serius

BACA JUGA: Pemain Sayangkan Wim Dilepas

Apalagi, jelang Brazil terjun di Copa Amerika, mulai 1 Juli nanti.

Ya, ini adalah salah satu dari dua laga uji coba Samba, julukan Brazil, sebelum berangkat ke Argentina untuk bertarung di Copa Amerika
Mereka juga akan menghadapi Rumania pada laga uji coba yang dihelat di Sao Paulo pada 7 Juni nanti.

Tim besutan Mano Menezes itu menanggapi dua pertarungan tersebut dengan sangat serius

BACA JUGA: Diduga Ada Permainan Penjualan Tiket

Lagi pula Brazil masih menyimpan dendam terhadap Belanda yang menyingkirkan mereka pada perempat final Piala Dunia 2010 lalu dengan skor 1-2.

Menezes berusaha turun dengan skuad terbaik yang dimilikinya saat ini
Mereka tidak bisa menggunakan tenaga striker AC Milan Alexandre Pato dan playmaker Santos Ganso yang belum pulih dari cedera yang mereka alami.

Dengan begitu, striker belia Internacional Leandro Damiao akan menjadi striker tunggal yang ditopang Elano, Robinho, dan Neymar dari lini kedua

BACA JUGA: Inggris v Swiss: Depak Rival

Menezes sengaja tidak memanggil beberapa sarat pengalaman seperti Kaka dan Ronaldinho.

Brazil mengincar kemenangan atas Belanda, bukan hanya sebagai balas dendam atas kekalahan di perempat final Piala Dunia 2010 lalu, tapi juga sebagai persiapan jelang Copa America"Sebagai juara bertahan, kami berangkat dengan ambisi juara," kata Robinho, seperti dikutip Goal.

Lagipula, skuad yang diturunkan Menezes itu sangat berbeda dengan tim yang dikalahkan Belanda pada Piala Dunia 2010 laluKetika ditangani Dunga, Brazil banyak dihuni para penggawa tua, dan saat ini Menezes lebih suka pada wajah-wajah segar.

Skuad Belanda yang akan turun melawan Brazil juga berbedaPelatih Belanda Bert van Marwijk tidak membawa sejumlah pemain andalannya seperti Rafael van der Vaart, Wesley Sneijder, Mark van Bommel, Demy de Zeeuw, Theo Janssen, Michel Vorm, dan Maarten Stekelenburg.

Akibatnya, masalah pelik terjadi di bawah mistar gawang, di mana menyisakan Tim Krul, Jasper Cillessen, dan Jelle ten RouwelaarKetiganya sama-sama tidak berpengalaman membela BelandaMereka belum pernah mencatat caps.

"Saya akan menjaga kepercayaan yang diberikan kalau pelatih memberikan kepercayaanBrazil adalah tim yang hebat, tapi kami pernah mengalahkan mereka," bilang Krul, seperti dikutip Soccernet.

Kedua tim sudah empat kali bersua di Piala DuniaHasilnya, dua kali dimenangkan Belanda dan dua kali dimenangkan BrazilHanya, salah satu kemenangan Brazil diraih melalui adu penalti pada semifinal Piala Dunia 1998, setelah keduanya bermain seri 1-1 di waktu normal.

"Saya yakin akan menghadirkan pertandingan yang menarikMereka akan bermain di Copa America dan ingin membalas dendamSaya sendiri berharap menghadapi Brazil yang lapar akan kemenanganItu akan menyenangkan," kata Gregory van der Wiel, bek Belanda(ham)

Perkiraan Pemain

Brazil (4-2-3-1): Julio Cesar; Daniel Alves, Lucio, Thiago Silva, Andre Santos; Lucas, Ramires; Elano, Robinho, Neymar; Leandro Damiao
Pelatih: Mano Menezes

Belanda (4-2-3-1): Krul; Van der Wiel, Bruma, Mathijsen, Pieters; De Jong, Strootman; Robben, Afellay; Kuyt; Van Persie
Pelatih: Bert van Marwijk

Head to Head di Piala Dunia
02/07/10    Piala Dunia 2010    Belanda    v Brazil    2-1
07/07/98    Piala Dunia 1998    Brazil    v Belanda    1-1 (pen 4-2)
09/07/94    Piala Dunia 1994    Brazil    v Belanda    3-2
03/07/74    Piala Dunia 1974    Belanda    v Brazil    2-0

Bursa Asian Handicap
Brazil        v    Belanda    0 : 3/4

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Baik Bikin Semangat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler