Bukan Ulangan Memori 1996

Kamis, 21 Juni 2012 – 06:31 WIB
Pemain Portugal, Christiano Ronaldo, saat bertanding melawan Belanda dalam EURO 2012 di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS

WARSAWA - Euro 1996 menjadi capaian terbaik Republik Ceko dalam turnamen sepak bola terbesar antarnegara Eropa tersebut. Yang mengejutkan, Ceko yang berstatus debutan kala itu secara fantastis mampu menembus sampai partai final atau sebelum dikalahkan Jerman.

Nah, dalam perjalanan menuju partai puncak, Ceko menyingkirkan Portugal di perempat final dengan skor 1-0 via gol Karel Poborsky. Di Euro 2012, kedua tim akan kembali bertemu di fase yang sama. Apakah bentrok di National Stadium Warsawa dini hari nanti (siaran langsung RCTI kickoff 01.45 WIB) bakal jadi ulangan laga 16 tahun silam ?

"Saya kira ini hanya sebuah kebetulan. Pada 1996, Portugal sangat-sangat favorit. Sedangkan sekarang, posisi kedua tim tidak berbeda jauh. Kami justru finis sebagai juara grup, sedangkan mereka runner-up grup," kata defender Ceko Michal Kadlec di situs resmi UEFA.

Kadlec pun memiliki motivasi ekstra untuk mengalahkan Portugal. Sebab, kapten Ceko edisi 1996 adalah ayah kandungnya, Miroslav. Hanya, Kadlec mengingatkan apabila mengusung spirit 1996 tidak akan cukup. Sebab, kualitas teknik juga menentukan dan dalam hal ini, Portugal memang lebih baik.

"Portugal juga lolos dari grup yang dianggap paling ketat dari grup lain. Jadi, mereka telah teruji dengan baik," tutur defender Bayer Leverkusen tersebut.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo juga menjadi sosok yang diwaspadai Ceko. Apalagi bintang Real Madrid itu sudah menemukan kepercayaan diri dalam laga terakhir atau setelah memborong dua gol kemenangan 2-1 Portugal atas Belanda (17/6).

Kiper Ceko Petr Cech termasuk yang waswas. Ketika Ceko kalah 1-3 dari Portugal di fase grup Euro 2008, gawang Cech sekali dibobol Ronaldo. Cech yang bermain untuk jawara Liga Champions Chelsea itu tidak asing dengan Ronaldo karena sering berhadapan di Premier League. Yakni, semasa Ronaldo masih membela Manchester United.

"Dia (Ronaldo) sangat berbahaya karena memiliki tendangan yang sangat kuat dan bisa menendang dari posisi manapun dan dengan kaki manapun. Heading-nya tak kalah bagus," tutur Cech kepada The Sun.

"Pengalaman saya sering berhadapan dengannya mungkin membantu, tapi kerja sama dari tim tetap krusial," sambung pemilik 93 caps itu.

Hanya, soliditas Ceko terganggu. Kapten tim sekaligus playmaker Tomas Rosicky dikabarkan tidak akan pulih dari cedera tendon achilles saat hari H pertandingan. Jika pemain Arsenal itu absen, maka Daniel Kolar akan kembali dipercaya seperti saat Ceko menang 1-0 atas Polandia (16/5).

Jika Ceko berpotensi minus Rosicky, Portugal bakal full team. Pelatih Paulo Bento sepertinya akan mempertahankan skema menyerang 4-3-3 plus starter seperti di tiga laga fase grup. Gelandang Portugal Raul Meireles mengatakan apabila timnya akan lolos apabila mampu mempertahankan permainan seperti saat melawan Belanda.

"Kami telah menunjukkan sebagai tim yang terorganisasi dan dengan pemain yang memiliki karakter kuat, Portugal bisa membuat perbedaan (saat menghadapi Ceko, Red)," kata Meireles kepada AFP.

"Tapi, kami tidak lantas meremehkan lawan karena semua tim yang lolos ke perempat final berarti tim yang tangguh," imbuh pemain Chelsea itu. (dns)

Head to Head
11/6/2008     Ceko v Portugal    1-3 (fase grup Euro)
23/6/1996     Portugal v Ceko    0-1 (perempat final)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Roy Hodgson: Rooney Telah Kembali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler