Bulu Mata Bisa Berketombe loh, Catat 5 Resep Mengatasinya

Kamis, 14 Juni 2018 – 19:29 WIB
Ilustrasi perawatan bulu mata.

jpnn.com - Ketombe ternyata tidak hanya terjadi pada rambut saja, tetapi juga bisa muncul pada bulu mata dan alis Anda.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (14/6), ketombe pada bulu mata dikenal dengan istilah blepharitis.

BACA JUGA: Cara Mudah untuk Menghilangkan Ketombe

Dalam kondisi blepharitis, kelopak mata terlihat meradang karena beberapa jenis infeksi atau jamur.

Karena ini, kulit di sekitar mata bisa berubah kering dan bersisik, yang akan menghasilkan ketombe.

BACA JUGA: Krisdayanti Kurang Pede Tanpa Memakai Ini

Jika dibiarkan akan menyebabkan iritasi, gatal dan sensasi terbakar pada kulit di area mata Anda.

Tapi jangan khawatir. Anda dapat dengan mudah menangani masalah ketombe ini jika mencoba beberapa pengobatan rumahan, berikut ini.

Minyak almond

Terkadang, sel kulit mati bisa menyebabkan ketombe. Minyak almond membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di sekitar mata.

Selain ini, itu juga membantu dalam melembabkan bulu mata.

Ambil satu sendok makan minyak almond dan sedikit panaskan. Sekarang gunakan ini pada bulu mata dan berikan pijatan lembut.

Biarkan semalam dan bersihkan dengan air dingin, keesokan paginya. Anda dapat mengulang pengobatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

Minyak zaitun

Minyak zaitun membantu dalam menghidrasi dan melembabkan bulu mata. Selain itu akan mengurangi kemungkinan kulit di sekitar mata Anda menjadi kering.

Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan kain muka. Pertama, panaskan sedikit minyak zaitun dan pijat di bulu mata dan di sekitar area mata.

Rendam kain dalam air hangat dan kompres selama sekitar 15 menit. Bilas sisa minyak dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari untuk menghilangkan ketombe.

Lidah buaya

Lidah buaya membantu mengobati berbagai jenis bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan ketombe pada bulu mata. Selain itu juga membantu dalam menumbuhkan bulu mata Anda.

Potong daun lidah buaya. Ambil gel dari dalamnya. Sekarang, gunakan gel lidah buaya segar ini pada garis bulu mata Anda dengan bantuan kapas.

Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi obat ini setiap hari setidaknya sekali untuk menghilangkan ketombe pada bulu mata lebih cepat.

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang membantu menyingkirkan infeksi jamur. Dalam ¼ cangkir air, encerkan beberapa tetes peresan lemon. Sekarang, celupkan kapas ke dalam larutan dan aplikasikan ke bulu mata Anda. Biarkan selama sekitar 5 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Anda dapat melakukan rutin ini setiap hari sekali.

Garam

Garam membantu menghilangkan kelebihan minyak di dekat garis bulu mata dan kelopak mata. Ambil ¼ cangkir air dalam mangkuk dan tambahkan 1 sdm garam kemudian aduk rata.

Celupkan kapas dan gunakan pada bulu mata dan kelopak mata Anda. Tunggu sekitar 10 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Ikuti ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. (fid/JPC)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
bulu mata   ketombe  

Terpopuler