Bunga SBI 3 Bulan 8,6 Persen

Kamis, 02 Juli 2009 – 20:53 WIB

JAKARTA - Pjs Gubernur Bank Indonesia Miranda Gultom mengungkapkan bahwa dalam lelang terakhir Sertifikat Bank Indonesia (SBI) 3 bulan pada 1 Juli 2009, tercapai tingkat bunga hingga 7 persenMenurutnya, rata-rata suku bunga SBI 3 bulan sampai dengan 1 Juli 2009 mencapai 8,6 persen.

“Tingkat bunga tersebut terus menunjukkan tren penurunan sejalan dengan penurunan BI rate,” terang Miranda di Gedung DPR RI, Kamis (2/7).

Dengan  kecenderungan inflasi yang terus menurun di tahun 2009 tersebut, jelasnya, maka merupakan peluang bagi BI untuk menurunan BI rate di mana yang menjadi acuan suku bunga antar bank 1 hari (overnight) masih terbuka meskipun BI akan tetap waspada dengan mencermati berbagai risiko ke depan

BACA JUGA: Ditekan Krisis, Nilai Ekspor Non-Migas Anjlok 21 Persen

“Kami memandang bahwa asumsi pemerintah mengenai rata-rata suku bunga SBI 3 bulan sekitar 7,5 persen masih berada dalam kisaran perkiraan Bank Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, perlu diketahui juga bahwa pencapaian asumsi suku bungan SBI 3 bulan tersebut akan sangat bergantung pada kondisi pasar yang ditentukan oleh proses lelang dan dipengaruhi oleh kondisi permintaan dan penawaran likuiditas di pasar uang.

“Saat ini selisih antara suku ungan BI rate dan SBI 3 bulan berada sekitar 1 basis points (bps)
Ke depan, sejalan dengan membaiknya kondisi likuiditas global dan domestik, selisih suku bunga tersebut diharapkan akan semakin rendah,” tandasnya

BACA JUGA: Cadangan Devisa Juni 2009 USD 57,29 M

BACA JUGA: Nielsen: Pasar Tradisional Masih Dominan

(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masa Negosiasi Divestasi Newmont Diperpanjang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler