Bursa Pilkada DKI Jakarta: Anies Vs Ahok Vs Sandiaga Uno

Minggu, 21 Juli 2024 – 11:29 WIB
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno. Foto: Sigid Kurniawan/pras/am/Antara

jpnn.com - JAKARTA - Pilkada DKI Jakarta 2024 menjadi salah satu magnet kuat pada pesta pemilihan kepala daerah serentak tahun ini.

Dua nama sudah ramai diperbincangkan, yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama a.k.a Ahok.

BACA JUGA: Setelah Dideklarasikan Sebagai Bacagub DKI Jakarta, Anies Datangi Kantor PKB

Kini ada satu lagi, yaitu Sandiaga Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu mengindikasikan dirinya lebih percaya diri untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta ketimbang Pilkada Jawa Barat, meskipun sedikitnya ada dua parpol yang lebih mendorong dia maju di Jabar.

BACA JUGA: Setelah Muncul Survei Elektabilitas Cagub Jakarta 2024, PDIP Mulai Pertimbangkan Nama Ahok

"Kalau DKI (Jakarta) saya jauh lebih kenal, karena pernah mengikuti pilkada dan menjabat sebagai wakil gubernur, tetapi belum ada penugasan (untuk maju) di DKI, jadi, sabar, tunggu penugasan," kata Sandiaga di Gedung Sate Bandung, Minggu (21/7).

Soal namanya yang didorong oleh dua partai, yakni PKB dan PPP untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Barat, Sandiaga mengatakan bahwa perlu kerja keras. Itu lantaran Jawa Barat merupakan provinsi yang terbesar di Indonesia dari jumlah penduduk.

BACA JUGA: Mengejutkan! Ini Alasan PSI Lirik Deddy Corbuzier untuk Pilkada DKI

"Jabar ini provinsi terbesar dan perlu kerja keras betul. Dan incumbent (Ridwan Kamil) sendiri memiliki rekaman jejak yang baik, dan hasil berbagai survei menunjukkan incumbent sangat kuat dan diunggulkan di sini. Saya sendiri sebagai kader belum ada penugasan dari partai, termasuk untuk Jabar," ujar Sandiaga.

Dengan belum adanya penugasan dari PPP, Sandiaga mengatakan dirinya kini berfokus pada tugas di kementerian selama tiga bulan ini untuk mempersiapkan penggantinya.

"Partai yang memutuskan dan harus betul-betul dipertimbangkan karena Jabar adalah provinsi yang besar, sangat luas dengan jumlah penduduk terbesar se-Indonesia," katanya.

Sandiaga Uno santer dikabarkan akan meramaikan pesaing pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024, setelah nama-nama beken yang sudah muncul, seperti Ridwan Kamil dari Partai Golkar), Dedi Mulyadi (Partai Gerindra), Ono Surono (PDIP), dan Ilham Habibie.

Dukungan datang dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) dan seluruh jaringan RSI di 18 kabupaten dan sembilan kota di Jawa Barat.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga dikabarkan menjadi salah satu partai yang tertarik untuk mengusung Sandiaga Uno di Jabar. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler