Buruan, Tiket Kereta Mudik ke Jawa dari 2 Stasiun ini Masih Tersedia

Minggu, 24 April 2022 – 20:09 WIB
Ilustrasi - Tiket kereta untuk mudik masih tersedia di Stasiun Gambir. Foto: Mercurius Thomos Mone/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiket kereta api untuk mudik ke sejumlah daerah di Pulau Jawa dari DKI Jakarta masih tersedia.

Menurut PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, tiket yang tersedia untuk periode pra-lebaran keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

BACA JUGA: Hore! Ada Diskon Tiket Kereta Api untuk Persiapan Lebaran, Lumayan Banget

"Mayoritas tanggal keberangkatan yang masih tersedia untuk 24 s.d 26 April 2022," ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (24/4).

Eva mengatakan masa Angkutan Lebaran 1443 Hijriah ditetapkan 22 hari mulai H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran 2022, KAI Sediakan Ribuan Tiket Kereta Murah, Mulai Rp 75 Ribu

Total jumlah tempat duduk (TD) yang disediakan PT KAI Daop 1 Jakarta sebanyak 785 ribu kursi.

Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta perjalanan KA Jarak Jauh diprogramkan terdapat rata-rata 61 perjalanan KA per hari.

BACA JUGA: Pemudik Wajib Tahu, Besok Uji coba Ganjil Genap di Tol, Simak Jamnya

Kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 35.700 per hari, dengan perincian 15.900 dari Stasiun Gambir dan 19.800 dari Stasiun Pasar Senen.

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen," ujarnya.

Sebanyak 289.500 tiket KA Jarak Jauh telah terjual sampai 24 April dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Tiket yang terjual untuk keberangkatan pra-lebaran periode 22 April sampai 1 Mei dengan okupansi 81 persen dari total tiket yang disediakan 358.100 tempat duduk.

Adapun 27 April sampai 1 Mei merupakan tanggal yang paling banyak diminati masyarakat dan pemesanan sudah banyak dilakukan sejak jauh hari sebelumnya.

Pada kurun waktu tersebut tingkat keterisian tempat duduk sudah mencapai sekitar 90 sampai 97 persen.

Eva mengimbau calon penumpang yang baru akan melakukan pemesanan untuk perjalanan KA pra-lebaran memilih keberangkatan 24-26 April.

Alternatif lain, mencari jadwal keberangkatan di luar tanggal favorit, seperti berangkat di antara 3-5 Mei yang masih memiliki ketersediaan tiket belum dipesan sekitar 43 ribu kursi.

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," katanya.

Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kepada calon penumpang untuk memperhatikan kembali persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022.

Mulai 20 April 2022, pelanggan KA Jarak Jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, tetapi wajib sudah vaksinasi dosis kedua.

Berikut persyaratan lengkap persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.(Antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler