Butuh Dua Uji Coba Internasional

Sabtu, 20 Oktober 2012 – 08:17 WIB
Nil Maizar. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
JAKARTA- Penampilan skuad timnas dinilai masih belum siap sepenuhnya untuk terjun di Piala AFF. Untuk itu, pelatih kepala timnas Nilmaizar megangendakan minimal dua kali lagi uji coba untuk anak didiknya.

"Sudah banyak uji coba yang kami jalani. Tapi, itu masih kurang, paling tidak harus ada dua kali uji coba Internasional lagi," katanya saat ditemui, kemarin (19/10).

Nil mengakui sampai saat ini pihaknya telah meminta kepada PSSI untuk mendapatkan lawan uji coba. Namun, levelnya bukan lokal melainkan Internasional. Untuk itu pula, dirinya membatalkan kesertaan timnas untuk tampil di Batik cup yang sejatinya dimulai sejak kemarin (19/10).

"Bukan hanya karena lawannya, tapi juga karena saya melihat anak-anak perlu istirahat, recovery setelah lawan Vietnam," tuturnya.

Sembari menunggu ada kepatian lawan selanjutnya Indonesia, Nil berusaha terus menggembleng anak didiknya. Sampai besok (21/10), Ellie Aiboy dkk masih akan difokuskan untuk pengembalian kondisi sebelum kembali berlatih taktim dan strategi.

"Kami maintenance kondisi anak-anak saja dulu. Setelah itu baru kami kembali maksimalkan latihan strategi menyerang dan bertahan," ucap pelatih berkumis tersebut.

"Sejauh ini, lanjut Nil, timnya belum mendapatkan satu lawan uji coba yang resmi. Namun, dia sempat dihubungi oleh PSSI jika sempat ada tawaran dari Filipina dan keinginan untuk bertanding dengan Thailand.

Mantan pelatih klub Semen Padang tersebut berharap bisa segera mendapatkan kepastian uji coba Internasional sebelum berangkat ke Piala AFF. Tujuannya, agar pengalaman bertanding anak didiknya bertambah dan bisa mengukur sejauh mana kekuatan terakhir timnya.

Di sisi lain, terkait materi pemain timnas yang belum maksimal karena belum bergabungnya pemain Indonesia Super League (ISL) masih menjadi polemik. Untuk masalah itu, Joint Commiittee (JC) dijadwalkan akan bertemu pada Senin (22/10) mendatang.

"Senin anggota JC akan bertemu kembali. Masalah timnas dan kongres PSSI akan dibahas dalam pertemuan itu," ujar anggota JC, Joko Driyono.

PSSI menyebut akan menunggu pemain-pemain ISL sampai 22 Oktober nanti apakah akan datang memnuhi panggilan timnas atau tidak. Sebelumnya, klub-klub ISL tidak mau mengirimkan pemainnya ke timnas karena PSSI tidak menggubris keinginan klub-klub yang meminta agar masalah timnas dibahas di JC. (aam/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Syamsir Alam Ingin Gabung Timnas PSSI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler