Butuh Improvisasi Serangan

Jumat, 15 Juni 2012 – 05:26 WIB
Pemain Prancis. Foto: Getty Images

DONETSK - Kegagalan menuai poin penuh di laga perdana membuat timnas Prancis mesti kerja keras untuk lolos ke perempat final. Salah satu celah untuk merebut tiga poin itu kini bisa diambil dari tuan rumah Ukraina, besok (15/6). Improvisasi serangan pun dibutuhkan untuk memenangkan laga tersebut.
 
Variasi serangan Prancis saat ditahan imbang Inggris dalam laga kemarin memang sudah lumayan. Namun, itu tak membuat banyak gol yang tercipta. Terlepas dari strategi yang diterapkan Inggris, Prancis jelas membutuh sosok pemain inspiratif di posisi lini tengah.
 
Terutama yang bisa memberi solusi di saat serangan buntu. "Apakah itu menakutkan" Apakah itu karena persoalan target semata" Mungkin, permainan tim masih butuh ditingkatkan lagi. Baik itu secara kolektiviyas maupun individualnya," ujar pelatih Prancis Laurent Blanc seperti dikutip dari ndtv.
 
Publik Prancis masih teringat dengan salah satu pemain legendanya, Zinedine Zidane. Inspirasi serangannya terbukti membawa Prancis menjadi tim yang disegani antara akhir dekade 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Sayangnya, sosok seperti Zidane belum bisa ditemukan di antara 23 jajaran pemain di timnas asuhan Blanc kali ini.
 
Dari pemain tengah dalam skuad Blanc kali ini, hanya ada tiga pemain yang memiliki potensi ke arah sana. Pemain-peman tersebut adalah Florent Malouda, Alou Diarra, dan Frank Ribery. Sedangkan untuk stok pemain yang lebih muda, Blanc masih belum mendapatkannya.
 
Blanc menyebut, tiga poin harus bisa didapatkannya. Kemenangan itu dianggap bisa menjadi kembalinya titik tolak permainan Prancis yang tak terkalahkan dalam 22 laga. Tentu untuk membayar lunas kegagalan di laga perdana. "Tapi, susah kalau nantinya Ukraina juga tidak mau diajak bermain normal seperti Inggris kemarin," cetus Blanc.
 
Nah, Blanc pun mengisyaratkan bakal kembali mengajak calon lawannya untuk bermain terbuka. Skuad Prancis menganggap hanya dengan strategi itulah yang bisa digunakan  untuk membungkam publik Ukraina. Sekalipun pada laga perdana tim tuan rumah bisa memenangi laga kontra Swedia. "Kami percaya dengan kemampuan kami sekarang. Dan serangan akan langsungkami tunjukkan sejak kick off," koar Malouda.
 
Skuad Prancis kemungkinan besar bakal ketambahan tenaga di lini tengahnya. Salah satu pemain tengahnya Yann M"Vila. Pemain itu sebelumnya tidak bisa dimainkan lantaran masih dibekap cedera. Dengan skema mematikan pergerakan Andriy Shevchenko, kabarnya Blanc akan memasang M"Vila sebagai penahannya.
 
Kepada L"Equipe, M"Vila merasa sudah siap diturunkan lawan Ukraina. "Nyeri di engkel saya masih sedikit nyeri. Tapi, kalau saya pakai pemanasan dulu tidak apa-apa, saya siap. Tiga hari cukup untuk pemulihan," ungkapnya setelah pertandingan melawan Inggris lalu. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Menit 4, Torres Sudah Cetak Gol Pertama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler