Cara Alami Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Senin, 25 Juni 2018 – 21:34 WIB
Ilustrasi nyeri karena infeksi saluran kemih. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Ginjal adalah salah satu organ paling penting di tubuh. Ginjal bertugas menyaring dan mengeluarkan zat berbahaya dan beracun dari darah melalui urine.

Apakah Anda terkena infeksi saluran kemih? Jika infeksi saluran kemih tidak diobati, maka hal itu bisa menyebabkan penyakit ginjal.

BACA JUGA: Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih

Dalam kasus yang parah, itu bisa menyebabkan gagal ginjal.

Infeksi saluran kemih sendiri lebih sering terjadi pada wanita karena letak uretra dan anus saling berdekatan.

Berikut adalah beberapa cara alami mengobati infeksi saluran kemih, seperti dilansir laman Care2, Rabu (20/6)

Cranberry

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Economics menemukan bahwa minum jus cranberry adalah strategi yang efektif untuk membantu mencegah ISK.

Idealnya, minum satu hingga dua ons jus cranberry yang diencerkan dalam beberapa ons air tiga kali sehari selama beberapa minggu.

Dandelion

Dedaunan dandelion adalah pembangkit tenaga gizi yang membantu meningkatkan kesehatan saluran kemih tetapi juga karena daun bertindak sebagai diuretik untuk membuang cairan berlebih dari saluran kemih, sehingga membantu mengeluarkan bakteri berbahaya keluar juga.

Pilih daun kecil di musim semi sebelum daun menjadi terlalu pahit.

Teh hijau

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa senyawa alami yang ditemukan dalam teh hijau juga menunjukkan kemampuan untuk membunuh E. coli bakteri dalam penelitian laboratorium.

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG) yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas minuman anti-infeksi juga.

Juniper

Sering ditambahkan sebagai penambah rasa dan starter dalam pembuatan sauerkraut, buah juniper juga membantu dalam pengobatan ISK.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menemukan juniper menunjukkan keefektifan terhadap bakteri E. coli, yang merupakan penyebab bakteri utama dari UTI.

Satu sendok makan atau dua buah juniper paling baik direbus dalam satu liter (atau liter) air murni dalam panci di atas kompor.

Setelah campuran mencapai titik didih, kecilkan api hingga mendidih dan tutup selama 45 menit. Saring dan minum teh beberapa kali setiap hari.

Oregano

Oregano, terutama minyak esensial yang diekstraksi dari tanaman, telah menunjukkan tindakan antimikroba bahkan ketika antibiotik gagal karena senyawa tanaman yang sangat kuat yang dikenal sebagai carvacrol dan rosmarinic acid.

Penelitian dalam jurnal Microbial Ecology in Health and Disease menunjukkan bahwa oregano efektif melawan beberapa strain bakteri Klebsiella, yang kadang-kadang bisa terlibat dalam infeksi saluran kemih.

Pilih produk dengan potensi tinggi yang dirancang khusus untuk penggunaan internal dan ikuti petunjuk kemasan.

Probiotik

Kebanyakan strain probiotik memiliki sedikit atau tidak ada efektivitas terhadap mikroba infeksi yang terlibat dengan ISK.

Ini adalah strategi yang jauh lebih efektif untuk melengkapi dengan strain yang telah diidentifikasi dalam penelitian untuk menunjukkan efektivitas terhadap ISK.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler