Cara Pelindo Mendukung Pelestarian Seni & Budaya di Bangli

Sabtu, 06 Juli 2024 – 17:56 WIB
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo turut mendukung dunia pendidikan dan pelestarian budaya. Foto: dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo turut mendukung dunia pendidikan dan pelestarian budaya.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman mengatakan dukungan itu diwujudkan lewat peresmian renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

BACA JUGA: Ikhtiar Astra Honda Motor Memperkuat Budaya Keselamatan Berkendera

"Peresmian panggung sendratari ini menunjukkan Pelindo memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan Indonesia. Keberadaan panggung seni ini secara langsung juga akan mendukung desa binaan Pelindo yakni Desa Penglipuran," kata Ihsanuddin dalam keterangannya, Sabtu (6/7).

Ihsanuddin menjelaskan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), program renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli tersebut juga mendukung keberlanjutan Desa Wisata Penglipuran, desa binaan Pelindo sejak 2017, yang juga terletak di Kabupaten Bangli.

BACA JUGA: SPSL & ITB Kolaborasi Tebar Beasiswa Pelindo Juara

Seperti diketahui, desa wisata itu juga sering mempertontonkan atraksi kesenian dan sendratari lokal Bali, dengan siswa-siswi SMKN 4 Bangli terlibat dalam pertunjukan tersebut.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan pelestarian budaya di Indonesia. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para siswa SMKN 4 Bangli untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni tari sert mendukung community based tourism," ucap Ihsanuddin.

Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli I Wayan Suparta mengatakan sanggar tari yang telah direnovasi dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti ruang latihan yang lebih luas, peralatan tari yang baru serta sistem pencahayaan dan tata suara yang canggih.

"Kami sangat senang dapat meresmikan sanggar tari yang telah direnovasi ini. Sanggar tari ini merupakan aset penting bagi sekolah kami dan kami berharap dapat menjadi tempat bagi para siswa untuk belajar dan mengembangkan bakat mereka dalam seni tari," kata I Wayan Suparta.

Acara peresmian tersebut diakhiri dengan penampilan tari tradisional Bali oleh para siswa SMKN 4 Bangli.

Hadir dalam peresmian tersebut Komisaris Pelindo Andus Winarno, Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman beserta jajaran Pelindo, Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli I Wayan Suparta, dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kabupaten Bangli.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pelindo   Seni   Budaya   pendidikan   TJSL   Sanggar tari  

Terpopuler