Cara Polisi Tangani Lakalantas Dikritik Psikolog

Rabu, 25 September 2013 – 00:53 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel mengkritisi sikap kepolisian dalam menangani berbagai kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) selama ini. Menurutnya, yang paling krusial adalah pengunkapan terhadap penyebab kecelakaan.

"Ada beberapa oversimplifikasi (penyederhanaan yang berlebihan) oleh Polantas dalam penanganan laka lantas, salah satunya soal uji kesehatan," kata Master Psikologi Forensik pertama Indonesia itu, Selasa (24/9) malam.

BACA JUGA: Relawan Dahlan Iskan Tobasa Terbentuk

Pernyataan ini disampaikan terkait dengan kecelakaan yang menjadi perhatian publik. Di antaranya, Xenia maut di Tugu Tani yang melibatkan  Afriyani Susanti dan kecelakaan Novi Amalia, model cantik berusia 25 tahun yang menabrak tujuh pengendara di Jalan Ketapang, Taman Sari, Jakarta beberapa waktu lalu.

Reza menjelaskan dalam menyidik sebuah kasus kecelakaan, polisi hanya sebatas mengecek apakah pengendara yang terlibatan kecelakaan mengkonsumsi narkoba atau tidak. Padahal bukan itu saja yang melatarbelakangi menyebabkan kecelakaan.

BACA JUGA: Abraham Pastikan Panggil Maria Elizabeth Liman

"Uji kesehatan sebatas cek narkoba. Padahal keletihan, penglihatan, dan faktor lain juga relevan menjadi penyebab," kara Reza.

Di sisi lain, kata alumni University of Melbourne itu, yang disalahkan adalah penabrak. Padahal kalau korban parkir sembarangan, itu jelas melanggar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta banyak kasus lainnya yang juga ada faktor kesalahan korban.

BACA JUGA: Kemendagri Minta Perda Zakat Dicabut

"Berarti mereka (korban) juga salah dan harus ditindak. Ada juga mobil patroli kerap zigzag dan membunyikan sirene secara tiba-tiba. Padahal itu malah melanggar marka dan mengagetkan, sehingga membahayakan pengendara lain," kritiknya.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panselnas Jamin Soal Tes CPNS 2013 tak Bocor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler