Cara Singkat Dapat Pinjaman Modal Usaha dari Bank

Sabtu, 15 September 2018 – 16:50 WIB
Bank BTN. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Modal merupakan hal utama yang perlu diperhatikan saat seseorang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha miliknya. Karena dengan tersedianya modal bisa dipastikan usaha apapun yang akan dijalani bisa berjalan dengan lancar. Sayangnya, mendapatkan modal yang cukup untuk sebuah usaha tidaklah mudah. Ditambah lagi, persaingan bisnis saat ini membuat kita harus semakin berpikir ulang untuk membuka sebuah usaha.

Banyak para pelaku bisnis melakukan pengajuan pinjaman uang secara online ke bank. Dalam hal ini, bank selalu dijadikan sebagai tempat yang paling dituju saat seorang pebisnis membutuhkan dana atau modal yang cukup untuk usahanya. Apalagi setiap bank memang biasanya memiliki berbagai program kredit seperti yang diperuntukan untuk usaha atau para pengusaha muda yang ingin melakukan bisnis. 

BACA JUGA: 3 Kiat Pengajuan Pinjaman KTA Bunga Rendah

Namun sayangnya, meminjam modal pada bank tidak semudah yang kita pikirkan. Sebagai pelaku bisnis tentunya kita membutuhkan berbagai cara agar bank mau menerima pengajuan pinjaman. Dalam laman produk keuangan terbaik cermati.com membahas mengenai cara agar kita bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah dari bank. Berikut ulasannya.

Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan bisnis pastinya wajib dimiliki oleh seorang pelaku usaha atau setiap pebisnis dalam bidang apapun, karena dengan memiliki laporan keuangan yang baik, alur kas dari usaha yang Anda miliki akan terlihat dengan jelas.

Biasanya bank akan meminta setiap pengusaha yang akan mengajukan pinjaman dengan melampirkan laporan keuangan miliknya, hal tersebut juga bisa memudahkan bank untuk menganalisis dan memantau perkembangan usaha milik Anda. namun hal ini hanya berlaku pada pengusaha yang sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkan usaha miliknya.

Semakin baik laporan keuangan yang kita miliki,tentunya akan membuat pihak bank percaya bahwa usaha yang sedang dijalani memang akan mengalami perkembangan, untuk itu semakin tertata laporan keuangan usaha milik kita maka akan semakin tinggi pula kepercayaan pihak bank untuk mengabulkan pengajuan kita.

Melengkapi Dokumen Penting

Salah satu hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan berbagai dokumen penting yang dibutuhkan saat melakukan pengajuan.  Untuk dokumen yang harus dilengkapi tersebut biasanya berupa fotocopy ktp, fotocopy kartu keluarga, laporan keuangan usaha, dan hal yang terpenting adalah mengenai surat legalitas dari usaha milik Anda.

Persiapkan semua dokumen yang diminta bank dengan rapi dan lengkap, karena hal ini juga akan memudahkan dari pihak bank untuk melakukan analisis dokumen, sehingga akan mempercepat proses pengajuan pinjaman nasabah.

Riwayat Kredit Peminjam

Sebelum Anda melakukan pinjaman ke bank, jangan lupa untuk menyelesaikan semua hutang yang pernah Anda lakukan sebelumnya, pihak bank juga akan menilai dari catatan kredit yang pernah diambil oleh setiap nasabahnya lewat Bank Indonesia. Karena hal ini juga akan sangat menentukan apakah pengajuan Anda bisa diterima oleh pihak bank ataukah tidak.

Untuk itu sebaiknya fokuskan terlebih dahulu untuk membersihkan sisa hutang Anda pada beberapa lembaga pinjaman lainnya sebelum Anda akan melakukan pinjaman dana kembali, dan jangan sampai Anda memiliki riwayat kredit macet, karena hal tersebut tentunya akan membuat tingkat kepercayaan bank menurun.

Menyiapkan Agunan Sebagai Jaminan

Saat akan melakukan pinjaman ke bank, biasanya jika Anda mengambil salah satu kredit di luar KTA akan diminta untuk menyiapkan agunan, untuk itu biasanya bank akan meminta berbagai surat-surat yang akan diagunkan nantinya, dan akan dijadikan sebagai pertimbangan oleh pihak bank, apakah kredit Anda bisa diterima atau tidak.

Agunan yang disiapkan oleh nasabah biasanya haruslah yang bisa mengcover semua pinjaman, meski begitu ada juga agunan yang tidak bisa mengcover pinjaman namun dengan syarat usaha yang Anda memiliki memang benar-benar menjanjikan.

Jujur Dalam Memberikan Alasan

Sebelum Anda melakukan pinjaman ke bank, biasanya pihak bank akan menanyakan mengenai alasan pinjaman Anda, untuk itu jelaskan secara terperinci mengenai maksud dari pinjaman Anda tersebut. Dan jangan sesekali berbohong atau bahkan sampai memalsukan berbagai persyaratan demi mendapatkan pinjaman tersebut karena hal tersebut akan sangat percuma dan  malah membuat pihak bank menolak permohonan Anda nantinya.

Memilih Kredit yang Tepat

Memilih jenis kredit yang sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan kita merupakan hal yang tidak kalah penting. Biasanya pihak bank akan bisa menganalisis mengenai kemampuan pembayaran cicilan setiap nasabahnya. Untuk itu ajukan pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam proses cicilan, jika Anda mengajukan pinjaman yang diluar batas kemampuan dalam membayar cicilan, secara tidak langsung pinjaman Anda pun akan langsung ditolak oleh bank.

Melakukan pengajuan kredit atau melakukan pinjaman uang ke bank memang bukan hal yang mudah, karena akan ada berbagai proses yang harus Anda lalui, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya, karena untuk melakukan pengajuan dana ke bank pastinya akan membutuhkan berbagai proses yang harus dijalani, oleh karena itu memang dibutuhkan mental dan juga banyak persiapan agar nantinya pinjaman dana usaha Anda pun akan langsung dikabulkan oleh pihak bank.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler