Cari Solusi Bersama, SKI Ajak Warga Lakukan Forum Musyawarah Reboan

Kamis, 13 Juli 2023 – 20:42 WIB
Pengurus nasional pendukung Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr Untoro Hariadi mengajak masyarakat untuk melakukan Musyawarah Reboan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus nasional pendukung Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr Untoro Hariadi mengajak masyarakat untuk melakukan Forum Musyawarah Reboan sebagai wadah untuk memecahkan persoalan bersama.

Dia menyebutkan masyarakat memiliki relasi komunal dan interaksi sosial yang erat, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengaktifkan sistem musyawarah. 

BACA JUGA: PKS Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024, SKI: Tanda Perubahan Tak Bisa Dibendung

"Karena kita masyarakat yang saling kolaborasi. Bersama-sama memecahkan masalah, berbagi gagasan dan aspirasi serta rencana-rencana bagi komunitas ke depan," kata Untoro Hariadi dalam keterangannya, Kamis (13/7).

Menurutnya, hal ini bisa diimplementasikan dengan forum bersama seperti musyawarah Reboan yang cocok dengan karakteristik masyarakat. 

BACA JUGA: Surya Paloh Sebut AHY Pantas Jadi Cawapres Anies, SKI: Kebijaksanaan dalam Berpolitik

“Musyawarah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita. Karena, pada hakikatnya masyarakat kita sebagai orang timur berwatak komunal," lanjutnya.

Dia menambahkan dengan menggelar musyawarah mingguan maka masyarakat memiliki ruang bersama untuk berbagi.

"Kita harus yakin bahwa itu (Musyawarah Reboan, red) adalah satu alat atau metode bagi masyarakat yang berwatak komunal untuk mencapai masa depannya. Itu pasti itu," kata Untoro.

Dia mengajak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, keluhan maupun persoalan lainnya melalui Musyawarah Reboan yang digelar setiap Rabu malam di tempatnya masing-masing.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan mampu menyerap keresahan masyarakat dan menangkap permasalahan sosial yang ada.

“Dengan Musyawarah Reboan yang digelar setiap Rabu malam, ini menjadi cara yang efektif untuk memastikan kemenangan pemilihan presiden," jelasnya.

Dia meyakini dengan musyawarah, kegelisahan, persoalan dan aspirasi bisa dibicarakan, mulai dari tingkat RT, dusun hingga jenjang lebih tinggi.

"Jadi, semestinya karena ini merupakan ruang di tengah-tengah publik, keberadaannya itu anytime, anywhere. Tidak hanya menyangkut satu problem ini menjelang pilkada, menjelang pileg, menjelang pilpres, tetapi ini menjadi satu ruang yang bisa dimanfaatkan secara optimal," ujar Untoro.

Dia menambahkan dengan forum musyawarah Reboan maka dapat juga dilakukan kontrol atas jalannya kegiatan dan pembangunan yang sedang dijalankan pada level kelurahan hingga tingkat nasional.

"Kita kembalikan lagi semangat bermusyawarah yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat,” pungkas Untoro.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler