Catat 5 Resep Alami untuk Memutihkan Ketiak

Minggu, 18 Agustus 2019 – 22:55 WIB
Kulit ketiak. Foto IST

jpnn.com - Kulit ketiak hitam memang mengganggu rasa percaya diri. Masalah noda hitam ini sering dihadapi kaum pria maupun wanita. Pertanyaanya, apakah kulit ketiak itu bisa kembali putih atau normal?

Sebuah studi dalam Indian Dermatology Online Journal mengungkapkan, sekitar 74 persen orang mendapati kulit ketiaknya gelap dikarenakan beberapa faktor. Seperti usia, berat badan, dan ras. Namun, ada juga faktor lain seperti penggunaan pisau cukur yang salah sehingga membuat kulit iritasi.

BACA JUGA: Minyak Zaitun untuk Pelumas Gairah, Apakah Aman?

Selain itu, ketiak hitam juga bisa disebabkan karena hormon. Ketidakseimbangan dalam produksi hormon dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Penggunaan deodorant yang tidak tepat juga bisa membuat kulit ketiak jadi hitam.

Dilansir dalam laman style craze, ada lima resep alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ketiak hitam. Caranya pun mudah dan bisa dipraktikan sendiri di rumah.

BACA JUGA: Kaya Akan Vitamin, Ini 5 Manfaat Gel Lidah Buaya

BACA JUGA: Memutihkan Ketiak dengan Campuran Masker Kentang

1. Minyak Zaitun

BACA JUGA: 9 Makanan ini Bisa Mengendalikan Kolesterol

Minyak zaitun dikenal karena sifatnya yang melembapkan dan memberi nutrisi bagi kulit. Selain itu juga kaya akan antioksidan. Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa campurkan brown sugar. Gula ini akan bertindak sebagai pengelupas sehingga mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Caranya: Siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan brown sugar. Campurkan dua bahan hingga rata lalu gosok selama dua menit pada ketiak. Setelah itu, diamkan 5 menit sebelum dibalas dengan air hangat.

2. Lidah Buaya

Kandungan Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya bisa menghambat aktivitas enzim pigmentasi kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya dapat meringankan ketiak yang berubah warna. Ini juga bersifat antibakteri dan menenangkan bagi kulit yang meradang.

Caranya: Potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Lalu oleskan bagian gel ini pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Jika ingin hasil yang optimal, lakukan perawatan ini tiap hari.

3. Kunyit

Kunyit memang telah lebih dulu dikenal sebagai bahan untuk masker wajah. Tentunya ini karena sifat kunyit yang bisa mencerahkan warna kulit dan juga menghilangkan bintik-bintik. Sehingga, menggunakannya apda ketiak dipercaya bisa mencerahkan bagian yang hitam.

Caranya: Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok teh madu. Lalu, campur semua bahan dan oleskan pasta pada ketiak. Biarkan mengering selama 10-12 menit lalu bilas. Gunakan masker pada ketiak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Perasan Lemon

Jus lemon memiliki konsentrasi asam sitrat yang tinggi, yang merupakan pengelupas kulit alami dan pemutih. Sehingga dipercaya dapat bekerja sebagai agen pemutih ketiak yang sangat baik.

Caranya: Potong lemon menjadi irisan tebal dan gosok pada ketiak selama 2-3 menit. Biarkan perasan lemon yang keluar selama 10 menit sebelum dibilas. Lakukan secara teratur 3-4 kali seminggu.

5. Minyak Almond

Almond mengandung phytochemical kuat yang berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak gelap hanya dalam beberapa kali penggunaan. Mereka adalah zat pemutih alami. Selain itu, vitamin E yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit Anda tetap muda.

Caranya: Pijat area ketiak dengan minyak almond selama 5-10 menit. Ulangi ini setiap hari. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Jenis Makanan Berlemak ini Baik Dikonsumsi Secara Rutin


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler