Catat! Ini Regulasi Baru Turnamen Bulu Tangkis Dunia

Selasa, 09 Januari 2018 – 13:47 WIB
Ilustrasi bulu tangkis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tak ada lagi Metlife BWF World Superseries. Mulai tahun ini, Badminton World Federation menggandeng HSBC sebagai sponsor baru ajang BWF World Tour dari level 1 hingga level 5; HSBC BWF World Tour.

Federasi bulu tangkis dunia juga mengumumkan Guangzhou sebagai kota penyelenggara turnamen bergengsi HSBC BWF Tour Finals 2018 hingga 2021 mendatang (pengganti Dubai World Superseries Finals).

BACA JUGA: Pembagian Grup Piala Presiden 2018: Persib Masuk Pul Neraka

Berikut, di bawah ini hal yang perlu Anda ketahui dari regulasi turnamen bulu tangkis dunia. (adk/jpnn)

Serba-Serbi turnamen bulu tangkis mulai 2018:

BACA JUGA: Thailand Harus Jawab Komentar Miring dari Valentino Rossi

1. Struktur turnamen internasional 2018-2021

Grade 1

BACA JUGA: Berebut Hak Asuh Anak, Azarenka Absen di Australian Open

Olimpiade dan BWF Major Events (Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia Junior Beregu/Piala Suhandinata, Kejuaraan Dunia Senior, Piala Thomas dan Uber, Piala Sudirman)

Grade 2

Level 1 : HSBC BWF World Tour – Finals (Guangzhou)
Level 2 : HSBC BWF World Tour – Super 1000 (Indonesia, Tiongkok, Inggris/All England)
Level 3 : HSBC BWF World Tour – Super 750 (Denmark, Malaysia, Tiongkok, Jepang, French)
Level 4 : HSBC BWF World Tour – Super 500 (Indonesia, Korea, Malaysia, India, Hong Kong, Singapura, Thailand)
Level 5 : HSBC BWF World Tour – Super 300 (Thailand, Swiss, Jerman, Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Taiwan, Makau, India, Korea)
Level 6 : BWF Tour – Super 100 (Indonesia, Perancis, Tiongkok, Kanada, Jepang, Rusia, Vietnam, India, Belanda, Jerman, Skotlandia)

2. Kewajiban 12 Turnamen dalam Setahun

Mulai tahun 2018, para pemain tunggal yang ada di jajaran rangking 15 besar dunia, serta pemain ganda di 10 besar dunia, berkewajiban untuk mengikuti setidaknya 12 turnamen yang terdiri dari tiga turnamen level 2, lima turnamen level 3, serta empat dari tujuh turnamen level 5.

3. Regulasi Servis 1,15 meter

BWF mengumumkan aturan baru dalam melakukan servis yang akan diuji coba mulai kejuaraan All England 2018 (HSBC BWF World Tour – Super 1000) pada Maret 2018. Aturan ini mengaruskan pemain melakukan servis dengan ketinggian maksimal 1,15 meter dari permukaan lapangan.

Pengukuran akan dilakukan dengan alat sensor yang dilengkapi dengan sinar inframerah.

4. Aturan Penayangan Siaran Langsung

Para tuan rumah penyelenggara turnamen level 2, 3 dan 4 diminta untuk memperpanjang durasi siaran langsung dengan ketentuan sebagai berikut:

- Turnamen Level 2 harus disiarkan dengan total 45 pertandingan (10 pertandingan di babak pertama, 10 pertandingan di babak kedua, 10 pertandingan di babak perempat final, 10 pertandingan di babak semifinal, serta 5 pertandingan di babak final)

- Turnamen Level 3 harus disiarkan dengan total 29 pertandingan ( 8 pertandingan di babak kedua, 8 pertandingan di babak perempat final, 8 pertandingan di babak semifinal, 5 pertandingan di babak final)

- Turnamen Level 4 harus disiarkan dengan total 25 pertandingan ( 10 pertandingan di babak perempat final, 10 pertandingan di babak semifinal, 5 pertandingan di babak final)

5. Tidak ada Babak Kualifikasi

Babak kualifikasi pada turnamen level 2 dan level 3 resmi ditiadakan. Kejuaraan-kejuaraan ini akan dimainkan mulai hari Rabu hingga hari Minggu. Aturan ini akan dimulai pada kejuaran All England 2018 (HSBC BWF World Tour – Super 1000)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RD: Kita Mau Tampil Baik di Piala Presiden


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler