Catat! 10 Pembelian Termahal Guardiola di Manchester City

Minggu, 08 Agustus 2021 – 06:02 WIB
Pep Guardiola (sweater hitam) saat memimpin Manchester City di musim 2020/21. Foto: (AP Photo)

jpnn.com, MANCHESTER - Sejak Sheikh Mansour mengakuisisi Manchester City pada 2008, klub ini menjelma jadi salah satu tim dengan sumber daya finansial tak terbatas.

Pria asal Uni Emirat Arab itu total telah menghabiskan dana sebesar GBP 1,5 miliar (sekitar Rp 30 triliun) untuk memboyong pemain ke Etihad Stadium.

BACA JUGA: Jack Grealish Datang, 4 Pemain Manchester City Pengin Hengkang

Pep Guardiola yang mulai menangani City pada 2016, turut kecipratan kekayaan sang pemilik klub.

Juru taktik asal Spanyol itu setidaknya sudah membelanjakan GBP 918 juta untuk membeli 35 pemain pilihannya.

BACA JUGA: Gabung Manchester City, Jack Grealish Sampaikan Salam Perpisahan untuk Penggemar Aston Villa

Terbaru, tentu kedatangan Jack Grealish dari Aston Villa yang dibajak dengan harga GBP 100 juta.

Melihat fakta tersebut, kami mengutip dari Mirror coba menghimpun 10 pembelian pemain termahal City di era Guardiola. Berikut diantaranya:

10. Leroy Sane

Sane dibeli City dari klub Jerman Schalke 04 pada 2016 seharga GBP 46,8 juta. Ia memainkan 145 laga dengan sumbangan 42 gol selama berkarier di Inggris.

Sang pemain kini telah kembali ke Bundesliga usai ditebus Bayern Munchen senilai GBP 40,5 juta pada musim lalu.

9. Kyle Walker

Setelah mengakhiri Liga Premier musim 2016/17 di posisi ketiga, The Citizen langsung membenahi beberapa sektor, salah satunya ialah lini belakang.

Bek kanan Pablo Zabaleta yang sudah uzur akhirnya digantikan Kyle Walker yang saat itu direkrut dari Tottenham Hotspur seharga GBP 47,43 juta.

Walker langsung jadi pemain kunci Guardiola sejak kedatangannya hingga kini. Pria berusia 31 tahun telah membantu City memenangi tiga trofi Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga dan dua Community Shields.

8. John Stones

Berkat penampilan apiknya bersama Everton, Man City akhirnya memboyong John Stones pada 2016 dengan banderol GBP 50,04 juta.

Musim lalu, ia membentuk duet yang kokoh bersama Ruben Dias di jantung pertahanan City. Stones tampil sebanyak 22 pertandingan dan membantu timnya menjuarai Liga Premier 2020/21.

7. Benjamin Mendy

Mendy bisa dibilang satu-satunya pembelian gagal di daftar ini. Diboyong dari AS Monaco pada 2017 seharga GBP 51,75 juta, pemain berusia 27 tahun itu awalnya tampil menjanjikan.

Namun, cedera anterior yang dialaminya pada musim 2017/18, membuatnya kesulitan menemukan permainan terbaik. Sejak saat itu, penampilan pria asal Prancis tersebut menjadi tak menentu.

Mendy kini sudah kehilangan posisi bek kiri di City dengan kehadiran pemain muda, Oleksandr Zinchenko.

6. Rodri

City membajak Rodri pada 2018 dari Atletico Madrid dengan mahar sebesar GBP 56,43 juta. Ia dijadikan pengganti jangka panjang gelandang Fernandiho yang mulai dimakan usia.

Perlahan tapi pasti, Rodri yang diawal kedatangannya dianggap terlalu mahal, mulai menunjukkan kualitasnya dan membuktikan ke semua orang bahwa ia pantas direkrut dengan harga fantastis.

5. Aymeric Laporte

Laporte dibeli City dari Athletic Bilbao pada 2018 dengan harga cukup tinggi, yakni GBP 58,5 juta. Pada awalnya ia adalah bek tengah pilihan utama Guardiola.

Namun, sejak musim lalu, perannya mulai terkikis di City karena sang pelatih lebih senang memainkan duet Ruben Dias dan John Stone di sektor belakang tim.

Alhasil, pemain naturalisasi timnas Spanyol ini mulai tak kerasan di Inggris dan bersiap kembali ke Spanyol bergabung dengan Real Madrid atau Barcelona.

4. Joao Cancelo

Diboyong dari Juventus pada 2019 seharga GBP 58,5 juta, Cancelo diawal kedatangannya masih terlihat kesulitan menembus tim utama Man City.

Namun, di musim keduanya, ia membuktikan diri dengan menjadi salah satu full back paling produktif di Eropa. Kemampuannya bermain di kedua sisi sayap dan lini tengah, membuatnya jadi pilihan favorit Guardiola.

3. Riyad Mahrez

Pria asal Aljazair ini tampil mengesankan bersama Leicester City pada musim 2018 sehingga City rela menggelontorkan dana senilai GBP 61,02 untuk memboyongnya ke Etihad Stadium.

Mahrez telah mencetak beberapa gol penting di City, termasuk tiga dari empat gol kemenangan timnya pada semifinal Liga Champions kontra Paris Saint-Germain musim lalu.

2. Ruben Dias

 

Dias langsung membuktikan harga GBP 61,2 juta yang dikeluarkan Man City untuk memboyongnya dari Benfica adalah nominal yang tepat.

Pemain timnas Portugal ini langsung mengunci tempat di jantung pertahanan tim dan membantu City memenangi Liga Inggris di musim pertamanya berkarier di Inggris.

Bahkan Dias dianugerahi bek terbaik Liga Premier di musim lalu.

1. Jack Grealish

Kedatangan Grealish di musim ini langsung membuatnya jadi pemain termahal Inggris sepanjang masa. City harus membayar GBP 100 juta untuk memboyongnya dari Aston Villa.

Grealish langsung mengemban tanggung jawab berat di klub barunya karena ia dihibakan nomor punggung 10 yang sebelumnya dikenakan legenda Manchester City, Sergio Aguero.(mirror/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler