Cavendish Jatuh, Gorilla Menang

Kereta Lotto-Belisol Buktikan Kemampuan

Kamis, 05 Juli 2012 – 12:38 WIB
ROUEN - Pasukan Lotto-Belisol memasuki Tour de France 2012 dengan penuh percaya diri. Mereka merasa memiliki kereta sprint terbaik, sanggup mengantarkan Andre Greipel meraih kemenangan demi kemenangan.

Di etape kedua lalu, barisan Lotto-Belisol menunjukkan kemampuan, namun gagal meraih kemenangan. Greipel disalip sang raja sprint, Mark Cavendish (Sky) di garis finis.

Rabu (4/7), di etape keempat dari Abbeville ke Rouen, kereta Lotto-Belisol berhasil membuahkan hasil. Andre Greipel "berjulukan "Gorilla"-- meraih kemenangan pertamanya di Tour de France 2012.
   
Saat sprint menuju garis finis, Greipel mengalahkan Alessandro Petacchi (Lampre-ISD) dan Tom Veelers (Argos-Shimano). Matt Goss (Orica-GreenEdge) dan Peter Sagan (Liquigas-Cannondale) melengkapi lima besar.

Greipel menyelesaikan etape panjang itu (214 km) dalam waktu lima jam, 18 menit, dan 32 detik. Mencatat kecepatan rata-rata 40,4 km/jam.

Di garis finis, tak terlihat Cavendish. Sang juara dunia terlibat dalam tabrakan saat etape tersisa tak sampai tiga kilometer. Meski menang tanpa adu kemampuan melawan Cavendish, Greipel tidak merasa kehilangan kepuasan.

"Ini adalah target yang ingin kami capai. Memenangi sebuah etape (di Tour de France). Kami sangat senang," kata pembalap Jerman itu.

Greipel menambahkan, kilometer-kilometer akhir kemarin berlangsung chaos. Banyak manuver-manuver membahayakan. Tapi dia puas dengan ketenangan timnya. "Rekan-rekan saya telah bekerja luar biasa," tandasnya.

Di klasemen General Classification, tidak ada perubahan berarti. Fabian Cancellara (RadioShack-Nissan-Trek) akan terus memakai yellow jersey. Unggul tujuh detik atas Bradley Wiggins (Sky).

Cancellara termasuk yang terjebak di belakang tabrakan yang melibatkan Cavendish. Lagi-lagi dia tertolong aturan. Karena kecelakaan terjadi tak sampai tiga kilometer menjelang finis, maka dia dicatat mencapai finis dalam waktu yang sama dengan Greipel.

Di Point Classification, Peter Sagan mengukuhkan posisi sebagai pemakai green jersey. Dengan mantap dia dijagokan bakal mempertahankan gelar ini sampai akhir. Luar biasa, mengingat ini adalah Tour de France pertama sang "Tourminator."

Hari ini (5/7), etape kelima Tour de France 2012 akan kembali menjadi ajang perebutan para sprinter. Rute Rouen ke St. Quentin berjarak 196,5 km, masuk kategori flat.

Cavendish akan dapat kesempatan membalas kekecewaan. Dalam empat tahun terakhir, pembalap Inggris itu telah memenangi etape kelima sebanyak tiga kali. (aza)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Perbaiki Rekor Tandang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler