Cegah Konflik, Perlu Dibentuk Forum Bersama

Selasa, 27 November 2012 – 09:35 WIB
JAKARTA - Kelima pasangan cagub-cawagub Sumatera Utara saat ini dinilai jauh lebih berkualitas dibanding pilgub 2008 silam. Namun, untuk mengantisipasi kemungkinan konflik pascapilkada, dinilai perlu dibentuk Forum Bersama Cagub-Cawagub.

Sehingga pascapemilihan nantinya, tidak terjadi perpecahan hingga saling gugat ke pengadilan.

“Calon pasangan gubernur Sumut sekarang ini, benar-benar sangat luarbiasa. Karena diisi orang-orang yang berkualitas. Mulai dari birokrat seperti Bupati dan Wakil Bupati yang menguasai permasalahan di Sumut, bankir, Deputy Menteri Koordinator dan politikus muda yang tegas dan track record yang bersih.” kata angota DPR RI asal Sumut, Irmadi Lubis, di Jakarta, Senin (26/11).

Seperti diketahui, kelima pasangan itu adalah Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi, Gus Irawan-Soekirman, Chairuman Harahap-Fadli Nurzal, Amri Tambunan-RE Nainggolan, dan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi.

Irmadi, pria asal Siantar ini, menyerukan semua pihak nantinya benar-benar mengusung Pilkada yang berkualitas nantinya. “Dan dengan adanya forum bersama ini nantinya, program-program unggulan dari masing-masing pasangan bagi pembangunan Sumut, bisa diaplikasikan oleh siapapun yang terpilih," katanya.

Pentingnya pembentukan forum ini menurut Irmadi, juga setelah berkaca dari banyak pilkada yang selama ini telah berlangsung di tanah air. Dimana banyak yang berujung bentrok antar kelompok hingga ke meja pengadilan. Kondisi ini tentu akan sangat tidak baik, mengingat begitu banyak ketertinggalan yang dialami Sumut selama ini.

“Misalnya dari Riau saja, Sumut sudah sangat jauh tertinggal. Padahal sebelumnya sejak Orde Baru, Sumut selalu menjadi lima besar provinsi yang cukup maju pembangunannya. (gir/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Gus Irawan dan Erry Terkaya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler