Para produsen ceri ekspor Tasmania -yang sangat dicari -beralih ke teknologi dan media sosial untuk memerangi buah ceri berkualitas rendah yang dijual di pasar Asia.

Selama beberapa tahun, para produsen ceri ekspor Tasmania telah bergulat dengan pemalsuan di Asia, di mana ceri berkualitas rendah dari luar Australia dikemas dalam kotak imitasi dan diberi label sebagai produk Tasmania.

BACA JUGA: Komedi Digunakan Untuk Tangkal Konflik Antar Suku di Papua Nugini

Pada tahun 2015, seorang konsumen dilaporkan jatuh sakit setelah membeli ceri Tasmania yang palsu di Vietnam. Skip Facebook

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

BACA JUGA: Tanaman Dalam Ruang Kantor Bisa Cegah Stres Dan Usir Bakteri

Skip Facebook Post

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Manajer pengembangan bisnis produsen bermerek Reid Fruits, Lucy Gregg, mengatakan bahwa barang palsu tersebut dijual dengan harga yang sama dengan ceri Tasmania asli, yang merupakan buah yang banyak dicari di Asia dan harganya bisa mencapai lebih dari $ 50 (atau setara Rp 500 ribu) per kilogram.

BACA JUGA: Buaya Albino yang Jarang Terlihat di Australia Utara

"Para konsumen membayar mahal untuk produk kami, jadi jelas sangat mengecewakan bagi mereka saat mereka membuka kotak dan produknya tak memenuhi harapan mereka," ujar Lucy.

Pekan ini, Reid Fruits diberitahu oleh importir Asia-nya bahwa ada sekotak ceri di pasar grosir Hong Kong yang terpampang dengan merek mereka.

Lucy mengatakan bahwa kemasan palsu itu hampir sama dengan aslinya, namun tidak terdapat stiker untuk mengenali produk ceri yang asli.

"Setiap tahun, kami memasang stiker unik pada kotak yang cukup rumit, seringkali dipasang dengan laser," sebutnya.

Reid Fruits juga mulai menghiasi kemasan kartonnya agar lebih sulit untuk ditiru.

"Kotak itu sendiri dihias timbul dan juga memiliki lembaran emas, jadi ini adalah kotak yang cukup mahal untuk diproduksi dan itu juga merupakan penghalang bagi para pemalsu." Para produsen berharap, detil stiker akan mempersulit para pemalsu untuk meniru.

ABC News: Emily Street

Para produsen menerima kenyataan bahwa pemalsuan mungkin tidak akan pernah hilang tapi mereka yakin teknologi dan pendidikan konsumen akan menjadi senjata paling efektif untuk mengurangi dampaknya.

Reid Fruits telah memasukkan teknologi kode QR ke dalam kotak ekspornya.

"Setiap karton dilengkapi dengan kode QR unik yang bisa mereka pindai dan itu benar-benar memberi tahu mereka bahwa ini adalah produk asli," kata Lucy.

"Kami bekerja sangat erat dengan importir kami dan kami benar-benar bertanya kepada mereka setiap kali mereka melihat produk palsu atau jika mereka menemukan iklan di WeChat atau Facebook atau situs media lain untuk benar-benar mengirimkannya kepada kami sehingga kami bisa menindaklanjutinya."Melawan lewat medsos

Konsumen Asia yang cerdas menggunakan situs media sosial yang sama untuk menghubungi produsen Tasmania dan bertanya soal produk yang diduga tiruan.

"Kami mulai mendapatkan email dan pesan yang mengatakan, 'Apakah ini produk asli?'," kata Lucy.

"Kami benar-benar bisa merespon mereka dan berkata, 'Tidak, jika tidak ada stikernya, jika kode QR tidak ada, jika tidak ada label kantong bernama maka itu bukan produk kami'."

"Kami benar-benar melihat lebih sedikit kasus sehingga itu positif - ini berarti cara itu berhasil."

Michael Bailey dari Kamar Dagang Dagang Tasmania mengatakan bahwa masalah pemalsuan tersebar luas dan penggunaan teknologi untuk melindungi kekayaan intelektual harus didorong. Ceri premium dijual lebih dari 50 dolar (atau setara Rp 500 ribu) sekilo di Hong Kong.

ABC News: Emily Street

"Para podusen perlu mengerti ... bahwa pasar yang mereka masuki cukup sering tidak memiliki peraturan yang sama, atau tak memiliki kemampuan untuk menerapkan peraturan, yang kami miliki di Australia," sebutnya.

"Mereka harus benar-benar pandai dalam pasar ini." Lucy Gregg mengatakan, berhubungan langsung dengan para konsumen di Asia lewat media sosial bekerja dengan baik.

ABC News: Emily Street

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aktor Australia Craig McLachlan Dituduh Lecehkan Perempuan

Berita Terkait