Cek Jadwal MotoGP Italia di Sini, Valentino Rossi Kenapa Tuh..

Jumat, 28 Mei 2021 – 10:02 WIB
Valentino Rossi keluar lintasan. Foto: diambil dari motogpcom

jpnn.com, MUGELLO - Balapan MotoGP Italia bakal digelar di Autodromo Internazionale del Mugello, Minggu (30/5) malam WIB.

Sebelum race, rangkaian seri keenam MotoGP 2021 itu akan dimulai Jumat sore nanti dengan latihan bebas atau free practice pertama. Malam harinya dilanjutkan dengan FP2.

BACA JUGA: Menjelang MotoGP Italia, Joan Mir Waspada, Alex Rins Optimistis

FP3 dan keempat, serta kualifikasi pertama dan kemudian yang utama akan berlangsung pada Sabtu (29/5). Perlombaan sesungguhnya hadir pada Minggu malam.

Seluruh pembalap sejatinya sudah bersaing ketat sejak FP1. Sebab, FP1, kedua dan ketiga akan menentukan posisi saat kualifikasi.

BACA JUGA: Marc Marquez Realistis Menghadapi MotoGP Italia

Untuk FP4 tidak lagi menentukan kombinasi waktu para pembalap. Biasanya sesi ini digunakan mencari setelan motor (termasuk pilihan ban) yang paling pas untuk pembalap, meski sering juga terjadi drama pada latihan terakhir ini.

Sepuluh rider terbaik selama tiga latihan bebas otomatis lolos ke kualifikasi utama (Q2). Sisanya harus melakoni kualifikasi pertama (Q1). Dua terbaik dari Q1 berhak mengikuti Q2.

BACA JUGA: Dahulu Kala, Valentino Rossi Catat 7 Kemenangan Beruntun di MotoGP Italia

Pembalap yang mengikuti Q2 dengan sendirinya sudah mengamankan posisi start minimal di urutan ke-12.

Di luar persiapan MotoGP Italia ini, kabar yang ditunggu-tunggu fan Valentino Rossi pun muncul.

Juara dunia sembilan kali itu mengungkap akan segera memutuskan masa depan kariernya di MotoGP setelah melihat hasil di empat balapan sebelum jeda musim panas pada akhir Juni nanti.

Itu berarti Rossi bakal fokus di MotoGP Italia, Catalunya, Jerman dan Assen Belanda.

Pada usia 42 tahun (paling tua di antara pembalap MotoGP musim ini), Rossi belum mau menanggalkan seragamnya untuk menjalani musim ke-22 membalap di kelas premier, tahun ini sebagai pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Kendati bukan pembalap tim pabrikan, Rossi masih mendapat dukungan penuh dari Yamaha yang memberinya motor spesifikasi pabrikan.

"Sekarang adalah periode penting di kejuaraan karena ada empat balapan dalam lima pekan dan juga seperti yang Anda bilang, di trek penting seperti Mugello, Barcelona, dan Assen, dan setelah itu jeda satu bulan," kata Rossi di sesi jumpa pers jelang Grand Prix Italia pada Kamis seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Dan tentunya selama itu setiap orang mulai berpikir untuk 2022 jadi seperti yang saya katakan pada awal, saya akan membuat keputusan, tetapi juga itu bukan hanya keputusan saya tetapi harus bicara dengan tim Petronas dan juga Yamaha untuk memahami apa rencana mereka untuk tahun depan."

Tiba di Mugello, Rossi berharap menunjukkan progres yang ia dapati di tes Jerez, setelah kondisi cuaca yang tak menentu menghalangi pembalap tim Petronas Yamaha itu merasakan potensi sebenarnya di Le Mans dua pekan lalu, demi meraup poin untuk mengangkat dirinya dari peringkat ke-19 di klasemen saat ini dengan koleksi hanya sembilan poin.

The Doctor memiliki sejumlah kenangan manis di Mugello dan catatan mengesankan termasuk tujuh kemenangan secara beruntun pada 2002-2008 dan sebelas podium di kelas MotoGP. (jpnn/antara)

Jadwal MotoGP Italia:
Jumat 28/5
14.55-15.40 WIB FP1
19.10-19.55 WIB FP2
Sabtu 29/5
14.55-15.40 WIB FP3
18.30-19.00 WIB FP4
19.10-19.25 WIB Q1
19.35-19.50 WIB Q2
Minggu 30/5
19.00 WIB Race

BACA ARTIKEL LAINNYA... Klasemen MotoGP 2021 Setelah Balapan Basah di Le Mans


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler