CEO PT Tanur Muthmainnah Tanggapi Pernyataan Wapres Soal Penyelenggaraan Haji

Senin, 16 September 2024 – 20:46 WIB
CEO PT Tanur Muthmainnah Tour (TMT) Muhammad Reza Fahlevi menanggapi pernyataan Wapres Ma'ruf Amin terkait manfaat ekonomi penyelenggaraan haji. Foto: TMT

jpnn.com - JAKARTA - CEO PT Tanur Muthmainnah Tour Muhammad Reza Fahlevi menanggapi pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Wapres sebelumnya menyebut yang menerima manfaat dana haji dan umrah dari Indonesia selama ini hanya Pemerintah Arab Saudi.

BACA JUGA: Serahkan Paritrana Awards 2024, Wapres Berharap Universal Coverage Jamsostek Terus Ditingkatkan

Wapres menyatakan pandangannya pada seminar bertajuk 'Membaca Ekonomi dan Keuangan Syariah pada pemerintahan Baru' di Universitas Diponegoro, Semarang, Rabu (11/9) lalu.

"Haji dan umrah itu banyak sekali dana yang mengalir. Namun, selama ini manfaat yang menerimanya baru Arab Saudi. Itu potensinya besar sekali setiap tahun. Beberapa triliun bisa kita (Indonesia) peroleh manfaat," ucap Amin.

BACA JUGA: Wapres Minta AMPHURI Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Jemaah

Menanggapi hal tersebut Reza mengatakan pernyataan Wapres Ma'ruf Amin ada benarnya. Menurutnya, ke depan nilai keekonomian dari penyelenggaraan umrah dan haji juga bisa didapat oleh Pemerintah Indonesia bagi kemakmuran rakyat.

Menurut Reza, di luar sisi ekonomi, menunaikan ibadah haji dan umrah sangat bermanfaat bagi umat. Yakni, berupa pengampunan dosa, meningkatkan iman dan takwa, menumbuhkan rasa persaudaraan, mencerahkan rohani, memperoleh pahala, serta memberikan benefit signifikan untuk kehidupan para jemaah dari Indonesia.

BACA JUGA: Dibuka Wapres, Muktamar PKB Bakal Dukung Pemerintahan Prabowo?

"Saya kira sambil menanti manfaat keekonomian yang tengah dibahas Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia, Tanur Muthmainnah Tour terus memperbaiki pelayanan umrah dan haji," ujar Reza dalam keterangannya diterima, Senin (16/9).

Dia menyatakan pandangannya di sela-sela acara Syiar Akbar yang digelar di Mercure Hotel Batavia, Jakarta, Minggu (15/9).

Syiar diikuti lebih dari 649 calon jemaah dan semuanya bergabung menjadi jamaah umrah.

"Melalui Syiar Akbar ini kami terus menginformasikan kepada masyarakat akan manfaat spiritual dan sosial dari pelaksanaan umrah dan haji. Melalui program easy umrah, kami menawarkan pembiayaan syariah dengan uang muka minimal 20 persen atau bisa lebih rendah," ucapnya.

Reza juga mengatakan program umrah yang mereka tawarkan fokus pada kemudahan dan kualitas pelayanan.

"Kami ingin menumbuhkan kesadaran bahwa umrah itu mudah dan tidak bikin miskin. Bahkan melalui program kami, jemaah bisa mendapatkan penghasilan dari syiar yang mereka lakukan dan menjadi hijrah solusi," katanya.

Dalam acara Syiar Akbar, berbagai materi edukasi disampaikan kepada jemaah. Seperti, fadilah umrah, tatacara pelaksanaan umrah dan haji mulai dari persiapan sebelum berangkat hingga kembali ke tanah air, serta pentingnya persiapan fisik, mental dan spiritual.

Perusahaan yang berdiri sejak 2016 ini juga memiliki program amal jariyah. Sebagian keuntungan disisihkan untuk membantu anak yatim dan memberangkatkan para hafidz Al-Qur'an untuk umrah.

"Ini adalah wujud komitmen kami dalam menyeimbangkan ibadah dengan kebaikan sosial," katanya.

PT Tanur Muthmainnah Tour berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan serta mengembangkan berbagai program inovatif bagi jemaah.

"Visi kami adalah memastikan umrah menjadi ibadah yang mudah dijalankan dan memberikan manfaat yang besar, baik secara spiritual maupun sosial," kata Reza. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Resmi Buka Naker Fest 2024 di JIEXPO, Wapres Maruf Amin Sampaikan 3 Pesan Ini


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler