Cha Ching Money Adventures Ajak Anak Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini

Minggu, 16 Juli 2023 – 19:41 WIB
Cha Ching Money Adventures Ajak Anak Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini. Foto: Prudential Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Prudential Indonesaia dan Prudential Syariah mengajak anak-anak  dan orang tua belajar literasi keuangan melalui Cha Ching Money Adventures.

Permainan edukatif berbasis website atau e-learning interaktif yang diperkenalkan secara global pada 2022, kini hadir dalam versi bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Prudential Ajak Semua Karyawan Bantu Sesama

Selain itu, memiliki permainan interaktif untuk membantu anak usia 7-12 tahun makin cerdas membuat keputusan finansial sejak dini.

Michellina L. Triwardhany, President Director Prudential Indonesia berharap permaian edukasi itu mampu membantu anak-anak membangun pondasi yang kuat di masa mendatang.

BACA JUGA: Prudential Indonesia Bekerja Sama dengan Bank Mandiri, Hadirkan Layanan Lebih Cepat

"Pengetahuan finansial dapat menjadi alat yang dibutuhkan agar nantinya mereka menjadi generasi yang sukses dan lebih sejahtera, serta #YakinMelangkah untuk mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan," ujar Michelina, dalam keterangannya, Minggu (16/7).

Peluncuran Cha Ching Money Adventures di Indonesia, diselenggarakan di Urban Forest Cipete, Jakarta, pada Sabtu (15/7). Pada peluncuran itu diramaikan dengan beragam kegiatan menarik, seperti permainan seru dan financial talkshow. 

BACA JUGA: Prudential Hadirkan Berbagai Inovasi untuk Penuhi Keluarga Indonesia Lebih Berdaya

Sementara itu, Marc Fancy, Executive Director Prudence Foundation menambahkan penting bagi orang tua menanamkan kesadaran literasi keuangan sejak dini untuk membantu anak-anak menumbuhkan kebiasaan membuat keputusan finansial yang bijak.

"Cha-Ching adalah sebuah program yang memungkinkan para guru memberikan edukasi finansial secara terstruktur di kelas. Di seluruh Asia dan Afrika, Cha-Ching telah dijalankan di 15 negara dan mengedukasi 1,2 juta anak-anak," ujar Marc Fancy.

Permainan Cha-Ching Money Adventures yang disinisiasi Prudence Foundation bekerja sama dengan Education Development Center (EDC) di New York dan Two Bulls.

Melalui sistem pembelajaran e-learning interaktif, Cha-Ching Money Adventures dapat membantu anak merancang tujuan keuangan dan membuat keputusan finansial yang bijaksana.

Ada empat konsep dasar keuangan yang diajarkan dalam kurikulum Cha-Ching, yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate).

Omar S. Anwar, President Director Prudential Syariah mengatakan kehadiran Cha-Ching Money Adventures Games juga mewujudkan nilai-nilai adil, transparan, inklusif, penuh kasih, dan saling tolong-menolong.

"Kami berharap upaya ini dapat membentuk generasi yang tidak hanya memiliki pemahaman keuangan yang kuat, tetapi bertindak secara bertanggung jawab dan etis dalam perjalanan keuangan mereka," ujar Omar.

Aktivitas dan permainan Cha-Ching Money Adventures seperti band Cha-Ching terdiri dari enam karakter, yaitu Prudence, Bobby, Justin, Pepper, Zul, dan Charity.

Permainan Cha-Ching Money Adventures juga dapat diakses oleh masyarakat luas melalui situs adventures.cha-ching.com secara gratis. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler