Chelsea Kesulitan di Tanah Jerman

Selasa, 15 Mei 2012 – 08:29 WIB

FINAL Liga Champions tak ubahnya laga away sekaligus asing bagi Chelsea. Itu mengingat Chelsea belum pernah tampil sebelumnya di Allianz Arena yang notabene baru menjadi kandang Bayern Munchen tujuh tahun terakhir atau sejak 30 Mei 2005.

Padahal, 48 hari sebelum Bayern pindah markas, Chelsea sempat melawat ke Olympiastadion(markas lama Bayern) dalam leg kedua perempat final Liga Champions. Dalam laga tersebut Chelsea kalah 203.

Kekalahan itu memang tidak menghalangi Chelsea lolos ke semifinal karena menang 4-2 di Stamford Bridge alias unggul agregat 6-5. Tapi, menjadi catatan bagaimana buruknya rekor The Blues -sebutan Chelsea- setiap kali melakoni laga di tanah Jerman.

Dari enam kali bertanding di Jerman, Chelsea hanya menang sekali atau saat menang 1-0 di kandang VfB Stuttgart dalam babak 16 besar Liga Champions 2003-2004.  Kemudian, mereka seri sekali, dan kalah empat kali. Kekalahan terakhir dialami dari Bayer Leverkusen di fase grup Liga Champions musim ini dengan skor 1-2.

"Kami hanya bertemu Bayern dua kali (di perempat final Liga Champions 2005, Red) dan mereka adalah tim yang agresif, khususnya ketika bermain di kandang sendiri," kata Petr Cech, kiper Chelsea, seperti dilansir di situs resmi UEFA.

Cech merupakan satu dari empat pemain Chelsea yang turun melawan Bayern tujuh tahun lalu dan masih bertahan sampai sekarang. Lainnya adalah Didier Drogba, Frank Lampard, dan kapten tim John Terry. Khusus nama terakhir tidak akan bisa diturunkan di final karena skors. Di sisi lain, dari kubu Bayern hanya menyisakan Bastian Schweinsteiger.

Nah, jika Chelsea hanya sekali menang di Jerman, Bayern justru superior ketika menghadapi klub Inggris di Munchen. Dari 16 laga, Bayern hanya kalah sekali. Home terakhir melawan klub asal Inggris adalah saat menjamu Manchester City di fase grup Liga Champions musim ini. Hasilnya, Bayern menang 2-0 yang diborong oleh Mario Gomez.

Bayern juga memiliki catatan manis mengalahkan wakil Inggris di final Liga Champions. Yakni, ketika menang 2-0 atas Leeds United pada 1975. Tapi, Chelsea ternyata juga pernah mengalahkan klub Jerman di final ajang Eropa. Pada 1998, Gianfranco Zola mencetak gol semata wayang kemenangan Chelsea atas Stuttgart di babak puncak Piala Winners. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sering Final, juga Sering Gagal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler