Chelsea Tumbang, Manchester City Cuma Dapat Hasil Imbang

Rabu, 16 Desember 2020 – 08:12 WIB
Gelandang Chelsea N'golo Kante (kanan) berupaya mengadang pemain Wolves. Foto: diambil dari premierleague

jpnn.com, WOLVERHAMPTON - Chelsea menelan kekalahan dramatis saat melakoni midweek pekan ke-13 Premier League di kandang Wolverhampton Wanderers, Stadion Molineux, Rabu (16/12) dini hari WIB.

Tim racikan Frank Lampard itu kalah 1-2 setelah sempat unggul lebih dahulu.

BACA JUGA: Bursa Transfer: Bintang Muenchen ke Chelsea, Bek City ke Arsenal

Peluang bagus yang dimiliki Kurt Zouma untuk membawa Chelsea memimpin pada pengujung babak pertama membentur mistar gawang, seolah menjadi pertanda nasib buruk bakal mengadang tim tamu.

Kekhawatiran itu sempat terhapuskan empat menit memasuki babak kedua, ketika Olivier Giroud membawa Chelsea unggul lewat tendangan voli menyambut umpan tarik Ben Chilwell.

BACA JUGA: Gila! Olivier Giroud Cetak Semua Gol Chelsea ke Gawang Sevilla

Kiper Rui Patricio sempat melakukan antisipasi, tetapi bola dipastikan sudah melewati garis gawang dan disahkan sebagai gol.

Namun, keunggulan itu raib pada menit ke-66, saat Daniel Podence melepaskan tembakan keras melewati hadangan bek Reece James dan kiper Edouard Mendy untuk menjebol gawang tim tamu.

BACA JUGA: Derbi Manchester: MU dan City Sama-Sama Mandul

Pada menit ke-81, wasit Stuart Attwell sempat menghadiahi tendangan penalti untuk tuan rumah, setelah Pedro Neto jatuh dalam perebutan bola dengan James, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR ia menganulir keputusan tersebut.

Nasib sial yang terjadi di pengujung babak pertama bagi Chelsea kembali menyeruak pada menit kelima injury time, ketika sebuah serangan balik berhasil diakhiri dengan tembakan keras oleh Neto yang memperdaya Mendy dan memastikan Wolverhampton meraih kemenangan 2-1 atas tamunya.

Hasil itu bukan saja menjegal asa Chelsea untuk merasakan kembali posisi puncak, tetapi juga menelan dua kekalahan beruntun setelah akhir pekan lalu mereka juga kalah di kandang Everton.

Chelsea tertahan di urutan kelima klasemen dengan koleksi 22 poin, Wolverhampton (20) melompat ke peringkat ke-10.

Sementara di Etihad Stadium, tuan rumah Manchester City harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Penguasaan bola 77 persen berusaha dikonversi City lewat 26 percobaan tembakan yang mereka lepaskan sepanjang laga, tetapi hanya tujuh saja yang menemui sasaran dan cuma menghasilkan satu gol.

Angka statistik itu melanggengkan tren buang-buang peluang yang jadi narasi utama dari penampilan City sepanjang musim ini, entah di Premier League maupun di Liga Champions.

City memecah kebuntuan dan memimpin pada menit ke-30 saat Ilkay Gundogan menerobos ke dalam kotak penalti untuk menyelesaikan umpan tarik Raheem Sterling dan menjebol gawang tim tamu.

Gol itu menyudahi paceklik kontribusi gol Gundogan di Liga Inggris untuk City yang sudah berlangsung 22 pertandingan lamanya, di mana terakhir kali gelandang Jerman itu mencetak gol ke gawang Leicester City pada Desember 2019.

Sayangnya, keunggulan City raib dua menit jelang turun minum ketika mereka gagal menyapu bersih situasi tendangan bebas West Brom dan bola disambar oleh Semi Ayaji dari luar kotak penalti.

Bola sempat membentur Ruben Dias sehingga mengecoh kiper Ederson Moraes dan bersarang ke gawang tuan rumah, berakhir menjadi catatan bunuh diri bek asal Portugal tersebut.

City yang terus menegaskan dominasinya di babak kedua berusaha untuk mencari gol kemenangan tetapi dua peluang mereka buah umpan silang Kevin de Bruyne di pengujung laga dimentahkan oleh kiper Sam Johnstone.

Pada menit pertama injury time, Johnstone menjulurkan kaki untuk menghalau bola sundulan jarak dekat Gundogan lantas tiga menit berselang kiper berusia 27 tahun itu juga menggagalkan tandukan dari Sterling, demi memaksakan skor imbang 1-1 bertahan hingga bubaran.

Hasil itu menjadi tonggak positif bagi West Brom yang menghentikan tren kekalahan beruntun kontra City di Liga Inggris dalam 13 pertandingan sebelumnya.

Tambahan satu poin hanya cukup bagi City untuk naik ke urutan keenam klasemen dengan koleksi 20 poin, sedangkan West Brom (7) tak beranjak dari zona degradasi di peringkat ke-19. (antara/jpnn)

Hasil dan jadwal pekan ke-13 Premier League
16/12
Wolverhampton Wanderers 2 - 1 Chelsea
Manchester City 1 - 1 West Bromwich Albion
17/12
01.00 WIB Arsenal vs Southampton
01.00 WIB Leeds United vs Newcastle United
01.00 WIB Leicester City vs Everton
03.00 WIB Fulham vs Brighton & Hove Albion
03.00 WIB Liverpool vs Tottenham Hotspur
03.00 WIB West Ham United vs Crystal Palace
18/12
01.00 WIB Aston Villa vs Burnley
03.00 WIB Sheffield United vs Manchester United
Klasemen

livescore


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler