Chiellini, Rossi dan Barzagli Ikuti Buffon, Gantung Sepatu!

Selasa, 14 November 2017 – 14:24 WIB
Giorgio Chiellini. Foto: AFP

jpnn.com, MILAN - Legenda hidup sepak bola Italia, Gianlugi Buffon bukan satu-satunya pemain yang mengakhiri karier bersama timnas secara menyedihkan. Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi, dan Andrea Barzagli juga memutuskan pensiun dari Gli Azzurri usai kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018.

Sebenarnya Chiellini belum merencanakan waktu pensiun. Namun, kegagalan tampil di Piala Dunia 2018 membulatkan tekad defender Juventus itu mengikuti langkah Buffon. Laga melawan Swedia di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB, praktis menjadi pertandingan terakhir Chiellini dengan kostum Gli Azzurri.

BACA JUGA: Lihat Selebrasi Heboh Pemain Swedia Usai Singkirkan Italia

“Kami telah memberikan segalanya, tapi Swedia yang mendapat tiket lolos. Apapun itu, Italia harus bangkit dan tak meratapi kegagalan. Kami memiliki banyak talenta muda dan mereka butuh dukungan nyata. Kami harus bekerja keras untuk kembali bangkit," sebut Chiellini seperti dilansir Football Italia.

"Generasi baru Italia yang akan menjadi pemimpin. Marco Verratti dan pemain yang lahir pada era 1990-an akan lebih dewasa dan mereka akan membawa Italia bangkit," imbuh Chiellini.

BACA JUGA: Italia Gagal Lolos Piala Dunia, Buffon Berlinang Air Mata

Sementara itu, De Rossi dan Barzagli memang telah berencana mundur dari timnas. Keduanya merencanakan seperti Buffon yakni pensiun usai Piala Dunia 2018. Hanya saja, nasib berkata lain. Kegagalan Italia ke Rusia membuat mereka memilih mundur lebih cepat.

"Momen buruk dalam sepak bola Italia. Bahkan bisa dibilang paling buruk. Pastinya akan ada evaluasi besar untuk mengetahui faktor kegagalan ini," sebut De Rossi kepada Rai Sport seperti dilansir Football Italia.

BACA JUGA: Ini 29 Negara yang Sudah Mengantongi Tiket Piala Dunia 2018

“Saya bangga bisa mengenakan kostum timnas selama lebih dari satu dekade. Jujur, saya merasakan hal yang aneh ketika harus menanggalkannya," imbuh De Rossi.

Gelandang AS Roma itu pun meyakini bahwa masa depan Gli Azzurri akan kembali cerah. Italia memiliki materi pemain muda yang berkualitas dan akan bisa membangun tim demi masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Barzagli yang juga memutuskan pensiun menyebut kegagalan Italia tampil di Piala Dunia 2018 adalah momen paling mengecewakan sepanjang kariernya. Dia pun terpaksa harus melepas kostum timnas Italia dengan kekecewaan yang menurutnya akan sulit dihilangkan.

"Dari sisi sepak bola, kegagalan ke Piala Dunia 2018 adalah momen paling mengecewakan dalam hidup saya. Ini jelas hal memalukan dan tak seharusnya terjadi. Saya tidak tahu penyebab kami gagal. Pastinya, para pemain veteran bersedih karena mendapati momen seperti ini," sebut Barzagli.

Rekan Buffon dan Chiellini di Juventus itu hanya bisa berharap para penerusnya tak mengalami trauma. Dia pun ingin performa Italia ke depan lebih baik dibanding pada eranya. "Semoga para pemain muda lebih lapar akan kesuksesan ketimbang di era kami," pungkas Barzagli.

Dengan putusan pensiun dari Gli Azzurri, Chiellini tercatat tampil dalam 96 laga. Sementara De Rossi meraih 117 caps, dan Barzagli memperkuat timnas Italia sebanyak 73 kali. (epr/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Piala Dunia 2018 Rusia Dibanjiri Pemain Muslim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler