Cianjur Peringkat Satu Rawan Bencana di Indonesia

Senin, 14 Januari 2019 – 10:17 WIB
Cianjur rawan bencana. Foto: Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Kabupaten Cianjur menjadi daerah yang paling rawan bencana, bukan hanya di Jawa Barat, tetapi di Indonesia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Supriyatno membenarkan Cianjur menjadi wilayah yang paling rawan diterpa bencana.

BACA JUGA: Kapan Pak Jokowi Bisa Resmikan Taman Alun-Alun Cianjur?

“Kami punya daftar, Cianjur tingkat indeks risiko bencana tertinggi se-Indonesia. Kedua, Garut, ketiga Kabupaten Sukabumi. Keempat, Tasikmalaya. Ini tertinggi nasional,” ujarnya Minggu (13/1).

Kota Depok menjadi wilayah paling aman di Jabar. Supriyatno mengatakan bahwa bencana yang mengancam kabupaten dengan indeks tertinggi beragam. Mulai dari gempa bumi, tsunami, banjir, hingga longsor.

BACA JUGA: Gelar OTT Bakda Subuh, KPK Tangkap Bupati Cianjur

“Ada 27 kabupaten kota (di Jabar), kami konsentrasi di sini (empat teratas rawan bencana), risiko kecil Ciamis dan Pangandaran,” tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi mitigasi bencana di berbagai daerah dengan kerja sama dengan instansi sekolah atau perkantoran. Dalam sosialisasi tersebut, BPBD Jabar juga menggelar simulasi bencana semisal gempa dan tsunami agar masyarakat tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana datang.

BACA JUGA: Inilah Kabupaten Juara Setop Buang Air Besar Sembarangan

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dody Permadi mengatakan pihaknya sedang siaga banjir longsor dari November 2018 hingga Mei 2019. “Saat ini siaga banjir longsor,” paparnya.

Dody menambahkan, sepuluh potensi bencana ada di Kabupaten Cianjur dan menempati posisi pertama di Indonesia dengan kerawanan bencana.

Pasalnya wilayah Cianjur berdampingan dengan potensi bencana seperti pergerakan tanah. Masyarakat di 32 kecamatan pun diminta waspada atas kerawanan bencana meski bencana yang terjadi berdasarkan kategorinya.

“Semua 32 kecamatan ada kerawanan bencana tapi tergantung bencananya dulu apa, dan kalau pergerakan tanah hampir di seluruh wilayah,” katanya. (kim/mat/radar cianjur)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Detik-detik Baku Tembak Densus 88 vs Teroris, 4 tak Bernapas


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler