CIGMark Sebut Pemilih di Jawa Barat Vital Bagi Pemenangan Pemilu 2024

Senin, 14 November 2022 – 21:02 WIB
CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama di Jakarta Pusat, Minggu (13/11). Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ceo CIGMark Panca Pratama menyebut Jawa Barat masih menjadi daerah dengan jumlah pemilih terbanyak dan sangat penting bagi pemenangan tokoh atau partai pada Pemilu 2024.

Dia mengatakan itu saat membeberkan alasan pihaknya menggelar survei berjudul Jawa Barat Dalam Pusaran Politik. 

BACA JUGA: Boni Hargens Ingatkan Politik Identitas Rawan Dimainkan Oligarki Jelang Pemilu 2024

Survei teranyar itu memotret Ridwan Kamil menjadi tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Barat apabila maju sebagai Capres 2024.

”Intinya poin yang ditangkap dari survei ini ialah Jawa Barat memiliki potensi suara yang menentukan di kancah nasional,” kata Panca melalui keterangan persnya, Senin (14/11).

BACA JUGA: Didier Deschamps Panggil 2 Pemain Baru, Skuad Prancis di Piala Dunia 2022 Lengkap

Dia mengatakan ada tren yang berbanding lurus antara pemenang pemilihan legislatif (Pileg) secara nasional dengan Jawa Barat. Hasil berbeda hanya terjadi pada Pemilu 2019.

Menurut Panca, pemenang pileg tingkat nasional dengan Jawa Barat pada Pemilu 1999 sama. Hal itu berlanjut pada 2004, 2009, dan 2014.

"Artinya siapa pun yang masuk di Jawa Barat, itu berpeluang untuk menang di nasional,” beber dia.

Data-data tersebut, lanjut Panca, menjadikan Jawa Barat sebagai daerah yang seksi untuk kontestan pemilu.

Di sisi lain, kata dia, sosok yang menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat ialah Ridwan Kamil dan peserta Pileg 2024 perlu mempertimbangkan hal itu. 

Dia kemudian menyebutkan beberapa hal yang membuat Ridwan Kamil sosok yang menjadi pilihan warga di Jawa Barat.  

Pertama, kata Panca, RK  putra daerah dan memiliki kinerja yang baik semasa memimpin Jawa Barat dan Bandung. 

"Sekarang masyarakat menilai sangat baik, bahwa di Jawa Barat itu walaupun di tengah krisis yang melanda masyarakat menilai RK memiliki kinerja yang sangat baik," lanjutnya. 

Sementara itu, pakar politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza menyampaikan bahwa Ridwan Kamil memiliki potensi tinggi mendongkrak suara partai di Jawa Barat.

”Persepsi masyarakat terhadap kinerjanya (Ridwan Kamil, red) juga baik. Artinya, kalau kemudian diperankan sebagai local vote getter dalam rangka pilpres, ini sangat strategis bagi siapa pun yang berhasil merangkul Pak RK, ya,” kata dia. 

Ade mengungkapkan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat sangat kuat. Hal itu menjadi bukti sentimen primordialisme yang sangat kuat dan wajar. 

”Pertama karakter personal dan citra dirinya yang sangat kuat dan ini bisa diterima oleh semua segmen pemilih termasuk dalam kategorisasi umur, profesi dan sebagainya,” beber dia. (ast/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler